Susilawati, Wawat (2021) Pengembangan modul fisika terintegrasi ayat Al-Qur'an dan QR code untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
Abstract
Proses pendidikan dihadapkan persoalan dikotomi ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Permasalahan ini berimplikasi pada hasil proses pendidikan yang jauh dari cita-cita pendidikan. Peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang kurang bermakna. Pembelajaran fisika dikatakan sulit karena kurang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, keterlaksanaan, dan pengaruh penggunaan modul fisika terintegrasi ayat Al-Qur’an dan QR code terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan model ADDIE meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan modul layak digunakan. Analisis validasi media memperoleh persentase kelayakan sebesar 86,47% denga kategori sangat valid. Respon peserta didik sangat baik dengan persentase kelayakan 87,95%. Analisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan lembar observasi menunjukan produk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pertemuan pertama memperoleh persentase 80%, pertemuan kedua dan ketiga 86,7%. Peningkatan hasil belajar berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,58 termasuk pada kriteria sedang. Berdasarkan uji t-test nilai pretest-posttest, menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan produk yang dikembangkan dengan nilai thitung 13,0934 lebih besar dari ttabel 2,045 (thitung > ttabel).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Fisika;Ayat Al-Qur'an; QR Code; Hasil Belajar |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Wawat Susilawati |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 10:54 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 10:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45852 |
Actions (login required)
View Item |