Penerapan metode Brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berpendapat siswa pada pembelajaran tematik : Penelitian tindak kelas di Kelas V MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Kabupaten Bandung

Konita, Kisti Khoerul (2019) Penerapan metode Brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berpendapat siswa pada pembelajaran tematik : Penelitian tindak kelas di Kelas V MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari munculnya permasalahan yang terjadi di kelas V MI Ibrahim Ulul Azmi pada keterampilan berpendapat siswa pada pembelajaran tematik yang masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Permasalahan ini terjadi karena guru masih menggunakan metode konvensional pada setiap pembelajaran dikelas sehingga berpengaruh terhadap keterampilan berpendapat siswa pada pembelajaran tematik,dan kesempatan berpendapat yang diberikan kepada siswa kurang merata. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan metode brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berpendapat siswa pada pembelajaran tematik di kelas V MI Ibrahim UlulAzmi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan berpendapat siswa sebelum menggunakan metode brainstorming. (2) proses pembelajaran tematik dengan menggunakan metode brainstorming. (3) keterampilan berpendapat siswa setelah menggunakan metode brainstorming. Penelitian ini bertolak pada kerangka berfikir bahwa keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada metode yang digunakan guru pada proses pembelajaran, salah satu metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berpendapat siswa yaitu brainstorming. Berdasarkan hal tersebut penerapan metode brainstorming diduga dapat meningkatkan keterampilanberpendapat siswa pada pembelajarantematikdi kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menempuh dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Analisis data dilakukan denganpendekatan logika untuk data kualitatifdan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) keterampilan berpendapat siswa sebelum menggunakan metode brainstorming masih rendah dengan nilai rata-rata 52 dengan ketuntasan klasikal 12%. 2) proses penerapan metode brainstormingberjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Pada siklus I rata-rata aktivitas guru adalah 72,5% dan rata-rata aktivitas siswa adalah 63%. Dan pada siklus II nilai rata-rata aktivitas guru adalah 90% dan rata-rata aktivitas siswajuga adalah 90%. 3) keterampilanberpendapatsiswasetelah menggunakan metode brainstormingmengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 64,4 dengan ketuntasan klasikal 44% dan siklus II rata-ratanyaadalah 80,93 dengan ketuntasan klasikal 88%. Dengan demikian penggunaan metode brainstorming dapat meningkatkan keterampilan berpendapat siswa pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: brainstorming; keterampilan berpendapat
Subjects: Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kisti Khoerul Konita
Date Deposited: 03 Nov 2021 10:40
Last Modified: 03 Nov 2021 10:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45899

Actions (login required)

View Item View Item