Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 1 Cikijing

Amini, Nuri Krisdayani (2021) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 1 Cikijing. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas kebanyakan menekankan pada pemahaman peserta didik tanpa melibatkan kemampuan berpikir kreatif. Penerapan model PjBL berbasis STEM merupakan salah satu solusinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran PjBL berbasis STEM. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas VIII A sebanyak 12 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 13 peserta didik sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 01 Cikijing. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian ini yaitu: (a) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM dan konvensional. (b) Terdapat perbedaan pencapaian yang sigifikan antara peserta didik berdasarkan kategori PAM. (c) Pada kelas eksperimen (59%) peserta didik memberikan sikap positif terhadap model pembelajaran PjBL berbasis STEM, serta persentase sikap peserta didik kelas kontrol (62,50%) memberikan sikap postif terhadap model pembelajaran konvensioanal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif; Project Based Learning; STEM
Subjects: Education, Research
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nuri Krisdayani Amini
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:17
Last Modified: 04 Nov 2021 01:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45918

Actions (login required)

View Item View Item