Penerapan Model Kooperatif Roundtable untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi suhu dan kalor

Neneng Imas Wati, Neneng (2015) Penerapan Model Kooperatif Roundtable untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi suhu dan kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pendahuluan di SMK Muhammadiyah 2 Bandung dapat disimpulkan bahwa pada saat proses pembelajaran guru masih mendominasi kelas dan siswa berpendapat bahwa mata pelajaran fisika sangat sulit. Guru kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga pemahaman konsep siswa pada pelajaran fisika masih kurang. Oleh sebab itu perlu adanya upaya dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, khususnya mata pelajaran Fisika, yang bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Roundtable pada materi suhu dan kalor, (2) peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model Kooperatif Rountable pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-exsperimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bandung yang bejumlah empat kelas dengan teknik pengambilan sempel yaitu simpel random sampling dimana sempel yang diambil adalah kelas X RPL sebanyak 25 siswa. Data keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan pemahaman konsep siswa melalui tes uraian. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model kooperatif Roundtable mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru dan aktivitas siswa sebesar 93.22% dengan kategori baik. Begitu juga terdapat peningkatan pemahaman konsep dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Selanjutnya diperoleh juga Zhitung (4,37) > Ztabel (1,65), bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian model kooperatif Roundtable dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Roundtable, pemahaman konsep siswa, suhu dan kalor
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:14
Last Modified: 26 Oct 2017 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4600

Actions (login required)

View Item View Item