Haidir, Muhammad (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Videoscribe berbasis Edmodo untuk meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Usaha dan Energi : Penelitian Quasi-Eksperimental di Kelas X MIPA SMAN 6 Enrekang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
Abstract
Muhammad Haidir : Pengaruh Media Pembelajaran Videoscribe berbasis Edmodo untuk meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Usaha dan Energi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, peningkatan, perbedaan kemampuan penguasaan konsep peserta didik setelah penggunaan media Videoscribe terintegrasi Edmodo dengan media PPT Record terintegrasi Google Classroom dan respon peserta didik setelah penggunaan media pembelajaran pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan yakni metode kuasi eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yakni kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 peserta didik dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 28 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yakni AABTLT with SAS, soal tes kemampuan penguasaan konsep dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol tergolong efektif dan kurang efektif. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen adalah 0,57 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,34 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test menunjukan nilai t_hitung (2,423)>t_tabel (1,981), sehingga Ha diterima Ho ditolak. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penguasaan konsep antara peserta didik yang belajar menggunakan media Videoscribe terintegrasi Edmodo dan media PPT Record terintegrasi google Cassroom pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan Konsep; media Videoscribe; terintegrasi Edmodo; Usaha dan Energi |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhammad Haidir |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 08:11 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 08:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46004 |
Actions (login required)
View Item |