Sandra, Taorena (2021) Hubungan manajemen pembelajaran berbasis E-Learning dengan karakter disiplin siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen Pembelajaran berbasis e-learning merupakan suatu bentuk usaha untuk dapat memperlancar pencapaian tujuan pembelajaran yang akan berintegrasi dengan pembentukan karakter disiplin siswa. Karena hal yang sangat berpengaruh terhadap karakter siswa yaitu dengan proses pembelajaran yang dilakukan, terlebih saat ini semua lembaga pendidikan melakukan proses pembelajaran secara daring, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode e-learning. Maka dari itu bagaimana manajemen pembelajaran berbasis e-learning mampu berintegrasi dengan pembentukan karakter siswa, teruma karakter disiplin siswa? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen Pembelajaran Berbasis e-learning di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung; 2) Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung; 3) Hubungan Antara Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning dan Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis korelasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan angket/kuesioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji instrumen (uji keterbacaan, uji validitas, dan uji reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linieritas), uji korelasi, dan uji determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa manajemen pembelajaran berbasis e-learning dengan karakter disiplin siswa memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,000<0,50. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,690. Terdapat pada tingkat kekuatan yang “kuat”, karena berada pada kategori 0,60 – 0,7999. Adapun jenis hubungan variabel manajemen pembelajaran berbasis e-learning dengan karakter disiplin siswa mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,690 dengan tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi manajemen pembelajaran berbasis e-learning maka semakin tinggi pula karakter disiplin siswa. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,476 bermakna bahwa kontribusi variabel manajemen pembelajaran berbasis e-learning terhadap karakter disiplin siswa adalah 47,6 % yang berarti pengaruh manajemen pembelajaran berbasis e-learning dengan karakter disiplin siswa ialah lemah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis E-Learning; dan Karakter Disiplin Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Taorena Sandra |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 02:17 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 02:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46019 |
Actions (login required)
View Item |