Hubungan manajemen pembelajaran berbasis E-Learning dengan karakter disiplin siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung

Sandra, Taorena (2021) Hubungan manajemen pembelajaran berbasis E-Learning dengan karakter disiplin siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen Pembelajaran berbasis e-learning merupakan suatu bentuk usaha untuk dapat memperlancar pencapaian tujuan pembelajaran yang akan berintegrasi dengan pembentukan karakter disiplin siswa. Karena hal yang sangat berpengaruh terhadap karakter siswa yaitu dengan proses pembelajaran yang dilakukan, terlebih saat ini semua lembaga pendidikan melakukan proses pembelajaran secara daring, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode e-learning. Maka dari itu bagaimana manajemen pembelajaran berbasis e-learning mampu berintegrasi dengan pembentukan karakter siswa, teruma karakter disiplin siswa? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen Pembelajaran Berbasis e-learning di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung; 2) Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung; 3) Hubungan Antara Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning dan Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis korelasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan angket/kuesioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji instrumen (uji keterbacaan, uji validitas, dan uji reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linieritas), uji korelasi, dan uji determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa manajemen pembelajaran berbasis e-learning dengan karakter disiplin siswa memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,000<0,50. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,690. Terdapat pada tingkat kekuatan yang “kuat”, karena berada pada kategori 0,60 – 0,7999. Adapun jenis hubungan variabel manajemen pembelajaran berbasis e-learning dengan karakter disiplin siswa mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,690 dengan tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi manajemen pembelajaran berbasis e-learning maka semakin tinggi pula karakter disiplin siswa. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,476 bermakna bahwa kontribusi variabel manajemen pembelajaran berbasis e-learning terhadap karakter disiplin siswa adalah 47,6 % yang berarti pengaruh manajemen pembelajaran berbasis e-learning dengan karakter disiplin siswa ialah lemah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis E-Learning; dan Karakter Disiplin Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Taorena Sandra
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:17
Last Modified: 05 Nov 2021 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46019

Actions (login required)

View Item View Item