Siti Tihamah Soliha, Siti (2015) Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5-E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sifat Koligatif Larutan Penelitian Tindakan Kelas dikelas XII Ipa-6 SMAN 16 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
Abstract
Konsep sifat koligatif larutan merupakan salah satu konsep yang sulit dipelajari siswa, kesulitan yang dihadapi siswa seperti belum dapat membedakan larutan elektrolit dan non elektrolit yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan untuk menghubungkan faktor van’t Hoff pada perhitungan sifat koligatif larutan elektrolit. Selain itu juga, siswa belum dapat mengkonfersi satuan Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan siswa dalam setiap siklus pembelajaran learning cycle 5-E pada konsep sifat koligatif larutan, menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan LKS setiap tahap pembelajaran learning cycle 5-E dan menentukan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sifat koligatif larutan untuk setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Ipa-6 SMAN 16 Bandung sebanyak 37 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan yaitu LKS, lembar observasi siswa dan guru, tes tertulis. Pengolahan data LKS dan hasil belajar dilakukan dengan menjumlahkan skor yang diperoleh dan merata-ratakan skor tersebut, kemudian mendeskripsikan hasil penilaian LKS dan hasil belajar berdasarkan kelompok belajar dan prestasi. Berdasarkan hasil penelitian, model ini berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang mengalami peningkatan setiap siklusnya dan kemampuan siswa menyelesaikan LKS setiap tahapan model pembelajaran learning cycle 5-E setiap siklusnya yang mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siklus I 63, siklus II 75 dan siklus III 85. Sedangkan, untuk hasil tes tertulis yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yaitu nilai rata-rata siklus I 68, siklus II 77 dan siklus III 84.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Cycle 5-E, Keterampilan Berpikir Kritis, Sifat Koligatif Larutan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 03:18 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 03:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4603 |
Actions (login required)
View Item |