Penerapan model pembelajaran MPA (Market Place Activity) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMPN 18 Bandung

Maryam, N. Dede (2021) Penerapan model pembelajaran MPA (Market Place Activity) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMPN 18 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran PAI pengamatan awal penulis, masih di ditemukan sebagian peserta didik yang kurang aktif mengikuti pembelajaran. kurang melibatkan diri dalam kerjasama kelompok dengan peserta didik lain, kurang aktif bertanya dan mengemukakan pendapat, serta kurang aktif menggali informasi materi dari berbagai sumber, bahkan masih ada yang suka meledek temannya, main-main yang tidak ada kaitannya dengan materi pembelajaran. Padahal sudah dilakukan pembelajaran yang cukup baik dan variatif . Salah satu solusi yang ditawarkan penulis untuk dapat melatih keaktifan siswa dalam mapel PAI dan hasil belajar meningkat adalah dengan Penerapan model pembelajaran Market Place activity pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) Tahapan Penerapan model pembelajaran market place activity di SMPN 18 Bandung (2) Peningkatan keaktifan siswa di SMPN 18 Bandung. (3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMPN 18 Bandung. Kerangka pemikiran yang melandasi penelitian ini, adalah, bahwa model pembelajaran MPA. Pada mata pelajaran PAI merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, sehingga di harapkan peserta didik dapat meningkatkan hasil belajarnya baik secara kognitif, afektif dan psikomotornya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, yang melibatkan kelas kontrol VIII-2 yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas eksperimen VIII-8 yang berjumlah 32 peserta didik di SMPN 18 Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dalam bentuk pilihan ganda, angket, dan wawancara. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil keaktifan peserta didik di analisis dengan cara deskriptive dari hasil penilaian angket. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa thitung>ttabel yaitu 2,21> 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Market Place activity. Adanya peningkatan keaktifan peserta didik yang diperoleh dari hasil angket keaktifan peserta didik dan adanya perbedaan hasil belajar dari sebelum dan sesudah diberikan treatment model Pembelajaran Market Place activity.pada mata Pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 19 Nov 2021 06:01
Last Modified: 19 Nov 2021 06:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46091

Actions (login required)

View Item View Item