Pengembangan media pembelajaran Flipchart berbasis kreativitas berbahan limbah pada materi lingkungan hidup

Auliya, Qisthi Mulki (2021) Pengembangan media pembelajaran Flipchart berbasis kreativitas berbahan limbah pada materi lingkungan hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat membantu proses belajar siswa. Pemilihan media pembelajaran yang tepat menjadi tantangan bagi para guru di masa pandemi ini. Pembelajaran berbasis online banyak mengakibatkan kejenuhan pada siswa serta kurang maksimalnya pengembangan kompetensi siswa seperti kreativitas dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan, mengetahui validitas dan mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran flipchart berbasis kreativitas berbahan limbah pada materi lingkungan hidup. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan tahapan 3D (define, design dan develop). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian berupa deskripsi tahap define, design dan develop. Validasi media flipchart diperoleh presentase sebesar 83,5% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap media flipchart diperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validitas dan respon siswa terhadap media pembelajaran flipchart berbasis kreativitas berbahan limbah pada materi lingkungan hidup dianggap telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipchart; Kreativitas; Lingkungan hidup; R&D
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Qisthi Mulki Auliya
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:14
Last Modified: 11 Nov 2021 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46138

Actions (login required)

View Item View Item