Kualitas pelayanan publik di Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage Kota Bandung tahun 2019

Fauzi, Ihsan Ahmad (2020) Kualitas pelayanan publik di Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage Kota Bandung tahun 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Proses pemberian pelayanan publik merupakan memberikan dan memfasilitasi dengan baik pelayanan prima kepada seluruh lapisan masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat, Program tersebut dilaksanakan di Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk di Kota Bandung. Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage Kota Bandung adalah salah satu Kecamatan yang memiliki komitmen untuk menjalankan program tersebut agar dapat berjalan dengan baik dan efesien. Namun, meskipun Kelurahan Rancanumpang sudah menjalankannya dengan maksimal akan tetapi masih banyak masyarakat belum paham dengan SOP yang sudah ditetapkan, sehingga tentunya hal ini harus dikaji kembali dan perlu adanya perbaikan. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu untuk mengetahui sudah sejauh mana kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur kelurahan rancanumpang kecamatan gedebage kota bandung kepada masyarakat berdasarkan dimensi kualitas pelayanan yaitu Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Kajian teori yang dipakai oleh penulis dalam meneliti kualitas pelayanan publik di kelurahan rancanumpang kecamatan gedebage kota bandung yang dipakai dalam penelitian adalah menggunakan teori dari Lenvine dalam Hardiansyah yang terdiri dari tiga dimensi kualitas pelayanan, yaitu Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data mengacu pada analisis menurut Ulber Silalahi dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara pada Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage Kota Bandung, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pemberian pelayanan publik di Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebgae Kota Bandung sudah di implementasikan dengan baik, namun masih belum efektif karena masih terdapat beberapa kendala dan hambatan. Kendala dalam pelaksanaan pelayanan publik di Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage Kota Bandung adalah semua masyarakat yang tidak mengetahui tentang SOP, dan kurangnya sosialisasi antara pihak kelurahan dan masyarakat yang sebagai penerima layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sumber Daya Manusia; Pelayanan Publik; Kualitas Pelayanan;
Subjects: Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ihsan Ahmad Fauzi
Date Deposited: 11 Nov 2021 07:28
Last Modified: 11 Nov 2021 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46181

Actions (login required)

View Item View Item