Pengaruh kepemimpinan visioner kepala madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah (MA): Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang dan Madrasah Aliyah Swasta Darussalam Kasomalang Kabupaten Subang

Risnandi, Arif (2021) Pengaruh kepemimpinan visioner kepala madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah (MA): Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang dan Madrasah Aliyah Swasta Darussalam Kasomalang Kabupaten Subang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kinerja guru dipandang masih rendah yang dipengaruhi oleh : Pertama, kurangnya sistem kepemimpinan kepala madrasah, Kedua, guru tidak fokus di satu sekolah, Ketiga, ada beberapa guru yang tidak disiplin, Keempat, ada guru yang belum membuat perangkat pembelajaran dengan lengkap, sehingga guru kurang maksimal dalam mentransformasi ilmu pengetahuan kepada para siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) Kepemimpinan visioner kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang dan Madrasah Aliyah Swasta Darussalam Kasomalang Subang, (2) Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang dan Madrasah Aliyah Swasta Darussalam Kasomalang Subang, (3) Pengaruh kepemimpinan visioner kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang dan Madrasah Aliyah Swasta Darussalam Kasomalang Subang. Kerangka berpikir dalam penelitian ini menerapkan teori Burt Nanus yang dikutip oleh Nurul Hidayah (2016: 80) kepemimpinan visioner merupakan suatu kepemimpinan yang bervisi bekerja dalam empat peran sebagai berikut: pertama, Penentu Arah (Direction Setter), yakni pemimpin yang memiliki visi berperan sebagai penentu arah organisasi kedua, Agen Perubahan (Agen of Change), pemimpin visioner bertanggungjawab, untuk merangsang perubahan di lingkungan internal, ketiga, Juru Bicara (Spokeeperson), seorang pemimpin efektif adalah juga seorang yang membangun dukunga untuk suatu visi masa depan, keempat, Pelatih (Coach) bahwa seorang pemimpin harus menggunakan kerjasama kelompok untuk mencapai visi yang dinyatakan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan expostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang dan Madrasah Aliyah Swasta Darussalam Kasomalang Subang kemudian diambil sampel sebanyak 150 guru yang dipilih dengan teknik areal proporsioanal random sampling. Instrument pengumpulan data berupa kuisioner dengan skala Likert yang memiliki 4 alternatif jawaban, terdapat 42 butir. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 150 guru. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment, sedangkan untuk reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana yang diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 26.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang dan Madrasah Aliyah Swasta Darussalam Kasomalang Subang menurut (54%) termasuk kategori tinggi; (2) Kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang dan Madrasah Aliyah Swasta Darussalam Kasomalang lebih separuh guru (54%) dalam kategori tinggi; dan (3) Terdapat pengaruh postif dan signifikan kepemimpinan visioner kepala madrasah terhadap kinerja guru sebesar 30,6% variansi yang terjadi pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh kepemimpinan visioner kepala madrasah, sedangkan 69,4% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Visioner; Kepala Madrasah; Kinerja Guru;
Subjects: Education > Statistic of Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arif Risnandi
Date Deposited: 19 Nov 2021 05:43
Last Modified: 31 Jan 2022 05:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46363

Actions (login required)

View Item View Item