Assani, Qorry Munifah (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis App Inventor untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar_isi_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab_1_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf Download (645kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab_2_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab_3_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab_4__061_Qorry_Munifah_Assani.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab_5_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar_pustaka_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media berbasis App Inventor dan Google Classroom serta peningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI MIPA dengan sampel dua kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masisng-masing kelas 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activity Sheet dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis menggunakan persentase lembar validasi, n-gain dan uji t-independent sample test. Hasil penelitian memperoleh 1) media pembelajaran berbasis App Inventor sangat layak dengan persentase 86,1%. 2) Keterlaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuan di kelas eksperimen 87,7% interpretasi sangat efektif dan di kelas kontrol 74,8% interpretasi efektif. 3) Peningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata n-gain 0,67 kategori sedang dan di kelas kontrol nilai rata-rata n-gain 0,46 kategori sedang. Hasil uji t-independent sample test memperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 4,884>1,995. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang sama menggunakan media pembelajaran berbasis App Inventor dan Google Classroom.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; App Inventor; Gelombang Bunyi |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Education, Research Physics > Instrumentation of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Qorry Munifah Assani |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 05:38 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 05:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46553 |
Actions (login required)
View Item |