Hubungan Body Image (citra tubuh) dengan sikap syukur dan rida : Studi kasus pada mahasiswi fakultas ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun ajaran 2020/2021

Rahmawati, Lisna Rofiana (2021) Hubungan Body Image (citra tubuh) dengan sikap syukur dan rida : Studi kasus pada mahasiswi fakultas ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun ajaran 2020/2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Body image (citra tubuh) adalah sebuah persepsi yang dimiliki setiap individu terhadap berat dan bentuk tubuhnya, serta perilaku mengkoreksi pada penampilan fisiknya tergantung kepada persepsi apa yang dimiliki baik itu persepsi yang positif maupun negative. Penampilan fisik memang penting untuk diperhatikan apalagi bagi perempuan yang fitrahnya yaitu keindahannya, baik keindahan akhlak maupun keindahan fisik. terlepas dari itu, persepsi citra tubuh pun dapat dibandingan dengan bagaimana seseorang mensyukuri dan meridai nikmat yang telah Allah karuniakan, seperti tubuh yang lengkap dan dapat berfungsi dengan semestinya. Hal itu memang tidak mudah karena masih banyak perempuan yang memilki persepsi negative terhadap citra tubuhnya yang menimbulkan rasa tidak percaya diri dan minder dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan menumbuhkan perilaku untuk mengkoreksi tubuhnya secara berlebihan. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran body image (citra tubuh) pada mahasiswi, mengetahui bagaimana gambaran rasa syukur dan Rida pada mahasiwi, serta untuk mengetahui hubungan antara body image (citra tubuh) dengan rasa syukur dan Rida pada mahasiswi Fakultas Ushuluddin Tahun Ajaran 2020/2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan tiga variabel, diantaranya adalah variabel body image (X) serta variabel rasa syukur (Y2) dan variabel Rida (Y2) dengan menggunakan teknik analisis data korelasi sederhana menggunakan analisis Pearson Corelation Product Moment pada aplikasi SPSS Versi 25 for windows. Berdasarkan hasil dari data kuantitatif, diketahui tingkat body image pada mahasiswi berada pada kategori sedang (55,6%), pada tingkat rasa syukur berada pada kategori sedang (82,9%), dan pada tingkat Rida berada pada kategori sedang (88,5%). Pada hasil hipotesis diketahui bahwa terdapat Hubungan yang positif antara variabel body image dengan variabel rasa syukur dengan nilai korelasi sebesar 0,327 dapat diartikan memiliki korelasi dengan tingkat rendah dan bentuk hubungan yang positif pada Mahasiswi Fakultas Ushuluddin. sedangkan tidak terdapat hubungan antara variabel body image dan Rida pada Mahasiswi Fakultas Ushuluddin Tahun Ajaran 2020/2021 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Body Image (Citra Tubuh); Sikap Syukur; Rida
Subjects: Applied Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lisna Rofiana Rahmawati
Date Deposited: 20 Dec 2021 07:02
Last Modified: 20 Dec 2021 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46798

Actions (login required)

View Item View Item