Ahmad, Nonik Rofiqoh Ambami (2020) Peran bimbingan tilawah Al-Qur'an terhadap perilaku indisipliner siswa : Studi kasus di SMK Darul Fatwa Jatinangor Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
Abstract
Generasi muslim yang unggul harus memiliki perilaku atau akhlak yang baik. Agar dapat mempertahankan Khazanah kemajuan Islam, maka harus dibentuk dan dibimbing. Sekolah menjadi salah satu wadah yang utama dalam prosesnya. Untuk membentuk dan membimbing, Allah SWT telah mengajarkan dan menunjukan bagaimana caranya dengan Al-Qur’an, melalui proses membaca (tilawah) dan memahami setiap ayatnya. Perlu adanya pengetahuan tentang praktik yang dilakukan. Permasalahannya adalah bagaimana peran praktik bimbingan tilawah Al-Qur’an terhadap perilaku, khusunya pada perilaku indispliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran praktik bimbingan tilawah terhadap perilaku indispliner siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Darul Fatwa Jatinangor, Sumedang. Mengetahui dan membuktikan sesuai ayat dalam Al-qur’an bahwasannya dengan istiqomah membaca/tilawah ayat Al-Qur’an akan memberikan dampak baik pada diri manusia, maka dari itu diperlukan studi kasus dalam mendalaminya. Penelitian studi kasus ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan tanpa dibuat-buat. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yakni dengan dilakukannya bimbingan tilawah Al-Qur’an rutin dipagi hari secara berjamaah sebelum Kegiatan Belajar Mengajar dimulai dan bimbingan tilawah individu secara berkala dikelas masing-masing, hal ini memberikan dampak positif terhadap perilaku indisipliner yang berupa tindakan-tindakan pelanggaran tata tertib sekolah menjadi berkurang, Ini memperlihatkan bahwa Al-Qur’an berperan sebagai terapeutik penanaman nilai religius secara tidak lansung dan perlahan. Sehingga siswa akan menyadari betapa bermanfaatnya pembiasaan bimbingan tilawah ini terhadapa dirinya, mengetahui sikap yang pantas dilakukan dalam menjalankan perannya sebagai siswa yaitu menaati peraturan, belajar dengan baik dan berakhlakul karimah pada guru dan sesama, yang paling utama adalah dapat menerapkan nilai ayat-ayat yang dibacanya dalam kehidupan pribadi serta kehidupan dalam masyarakat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan; Tilawah; Al-Qur’an; Perilaku Indisipliner |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Nonik Rofiqoh Ambami Ahmad |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:05 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47101 |
Actions (login required)
View Item |