Pengaruh Metode Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Sub Materi Sistem Ekskresi Manusia” (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MAN 1 Sumedang).

Dede Julia, Dede (2014) Pengaruh Metode Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Sub Materi Sistem Ekskresi Manusia” (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MAN 1 Sumedang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran di kelas, beberapa guru dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode konvensional, sehingga siswa kurang aktif dan merasa bosan. Selain itu, kemampuan berpikir kritis siswa kurang berkembang dengan baik. Rendahnya keterampilan berpikir kritis tersebut berdampak pula pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan metode SQ3R pada sub materi sistem ekskresi manusia, menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi sistem ekskresi manusia dengan menggunakan metode SQ3R, menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi sistem ekskresi manusia dengan pembelajaran konvensional, menganalisis pengaruh metode SQ3R terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi sistem ekskresi manusia dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan metode SQ3R pada sub materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa pembelajaran pada sub materi sistem ekskresi manusia dengan menggunakan metode SQ3R dapat membantu siswa untuk lebih berkonsentrasi terhadap teks yang dibaca dan membuat siswa menggunakan kemampuan berpikirnya dalam memahami ide-ide pokok/konsep-konsep yang ada dalam teks. Pembelajaran seperti ini dapat melatih siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Sampel diambil sebanyak dua kelas dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, pretest dan posttest berupa uraian sebanyak 10 soal yang sebelumnya telah diujicobakan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yakni 70,32 dan N-gain sebesar 0,28 dengan kualifikasi sedang. Sedangkan, keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yakni 64,35 dan N-gain 0,28 dengan kualifikasi rendah. Hasil uji Mann-Whitney pada N-gain didapatkan Zhitung 6,71 > Ztabel 1,65 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh strategi SQ3R terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi sistem ekskresi manusia. Hal ini didukung oleh rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, dan persentase respon siswa sebesar 71% dengan kualifikasi kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:07
Last Modified: 07 Nov 2017 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item