Pesan dakwah tentang jodoh di media sosial Instagram : Analisis isi pesan dakwah pada akun Instagram @panjiramdanaofficial

Khoerunnisa, Suci (2021) Pesan dakwah tentang jodoh di media sosial Instagram : Analisis isi pesan dakwah pada akun Instagram @panjiramdanaofficial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman terkhususnya di bidang teknologi komunikasi, menuntut juga perlu adanya perkembangan dalam bidang dakwah. Salah satu media sosial yang digemari oleh masyarakat dan kaum milenial adalah Instagram. Penggunaan sosial media itu tergantung kita menggunakannya, apakah akan menjadi manfaat atau menjadi madhorot. Banyaknya kasus pelanggaran norma yang terjadi itu karena kurangnya pemahaman tentang agama yang menjadikannya mudah untuk terjerumus ke dalam ajakan setan dan juga akses media yang sangat pesat dan tidak terbatas juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan itu terjadi. Maka dari itu banyak bermunculan akun penggiat dakwah di media sosial, salah satunya akun instagram @panjiramdanaofficial. Yang muncul dengan membawakan pesan dakwah tentang jodoh, bagaimana kita menjemput jodoh agar tidak terjebak di jalan yang salah. Penelitian ini dimaksudkan untuk dapat memahami pesan dakwah tentang jodoh pada akun instagram @panjiramdanaofficial. Bagaimana interkoding pesan dakwah dalam akun @panjiramdanaofficial? Bagaimana deskripsi pesan dakwah tentang jodoh dalam akun @panjiramdanaofficial ? Bagaimana frekuensi dan kategorisasi pesan dakwah tentang jodoh dalam akun @panjiramdanaofficial? Bagaimana kecenderungan pesan dakwah tentang jodoh dalam akun @panjiramdanaofficial?. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma Positivisme. Pendekatan yang digunakan dalam peneliti adalah pendekatan Analisis isi. Teori analasis isi menurut (Holsti, 1969) “Analisis isi adalah suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi yang dapat dilakukan secara objektif dan indentifikasi sistematis dari karakteristik pesan.”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kuantitatif. Penghitungan pada skripsi ini interkoding yang ditentukan oleh dua orang coder pada lembar coding yang telah dibuat peneliti. Kategorisasi yang di diteliti dan dihitung oleh peneliti. Dan juga mendeskripsikan pesan dakwah dan juga kecenderungan pesan dakwah tentang jodoh dalam akun instagram @panjiramdanaofficial. Maka hasil penelitian ini berdasarkan hasil analisis isi terhadap 12 unggahan dalam akun instagram @panjiramdanaofficial ialah terdapat pesan dakwah dalam akun @panjiramdanaofficial berdasarkan hasil interkoding antara dua coder yang menghasilkan nilai komposit reliabel 0,88. Deskripsi dari setiap unggahan. Frekuansi kata yang sering muncul terdapat 12 kata dari 211 kata dari keseluruhan 12 unggahan. Kategorisasi yang dibagi menjadi tiga kategori, menghasilkan nilai : pesan akhlak 25%, pesan akidah 66,67%, pesan syariah 8,33%. Dan kecenderungan pesan dakwah tentang jodoh dalam akun instagram @panjiramdanaoffical adalah kepada pesan akidah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Jodoh; Instagram
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Suci Khoerunnisa
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:32
Last Modified: 29 Dec 2021 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47119

Actions (login required)

View Item View Item