Aeni, Kholidah Nur (2020) Analisis manajemen Display kelas menurut Munif Chatib dalam memotivasi belajar siswa. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text
1_cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftar isi.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab 1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen kelas berada tingkat kedua setelah minimnya dukungan finansial yang dihadapi sekolah. Hasil dari beberapa indentifikasi pendapat guru dan administrator bahwa satu dari lima guru teridentifikasi tidak siap dalam mengatur ketertiban kelas dan manajemen kelas. Hal ini perlu menjadi perhatian karena manajemen kelas merupakan salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran. Manajamen kelas sebagai kegiatan yang dilakukan seorang pendidik dalam mengatur kegiatan pembelajaran. Manajemen kelas ini diharapkan dapat mendukung kondisi kelas yang kondusif serta pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep manajemen display kelas di madrasah ibtidaiyah menurut Munif Chatib, dan mengetahui relevansi manajemen display kelas dengan motivasi belajar siswa madrsasah ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primernya adalah kelasnya manusia dan buku sumber sekundernya adalah buku-buku lain serta jurnal yang relevan dengan objek pembahasan penulis. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi.dan teknik analisis data peneliti menggunakan analisis isi deskriptif, eksplanatif, dan prediktif. Hasil dari penelitian yaitu manajemen display kelas menurut Munif Chatib di madrasah ibtidaiyah yaitu dengan menumbuhkan selera belajar, membuat zona aktivitas, men-display lingkungan, menggunakan warna yang tepat, membuat barang-barang sederhana, membentuk formasi tempat duduk dengan kelompok dan huruf “u”, membuat display dengan materi atau tema, menentukan jenis bahan display, serta menampilkan hasil karya siswa. Relevansi manajemen display kelas dengan motivasi belajar yaitu sesuai dengan indikator motivasi belajar yang ditandai dengan adanya perubahan pada perilaku siswa, maka keberhasilan dalam belajar akan sangat terlihat ketika siwa berperan aktif di kelas sehingga adanya keinginan belajar yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Belajar; Motivasi |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Kholidah Nur Aeni |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 01:44 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 01:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47202 |
Actions (login required)
View Item |