Navilah, Nahla (2020) Pengaruh pendekatan Socio scientific Issue (SSI) berbantu media Flash Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Persis 38 Padalarang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (518kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa Indonesia masih rendah. Hal ini disebabkan siswa hanya menghapal, mengingat dan menyimpan informasi dan tidak menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari mereka. Oleh karena itu dibutuhkan proses pembelajaran yang menstimulasi keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran socio-scientific issue (SSI) berbantu media flash card pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen pretest posttest control group design. Instrumen penelitian adalah tes keterampilan berpikir kritis dengan indikator berdasarkan Norris-Ennis dan kuesioner. Bentuk tes dalam penelitian ini adalah uraian sedangkan kuesioner berupa kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan Socio-Scientific Issue berbantu media Flash Card (nilai N-gain 0,63 kategori sedang). Hasil uji statistik menggunakan Mann Whitney U menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata penggunakan pendekatan Socio-Scientific Issue berbantu media Flash Card terhdap keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Socio Scientifik Issue; Flash Card; Berpikir Kritis; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nahla Navilah |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:54 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47268 |
Actions (login required)
View Item |