Pengaruh pendekatan Socio scientific Issue (SSI) berbantu media Flash Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Persis 38 Padalarang

Navilah, Nahla (2020) Pengaruh pendekatan Socio scientific Issue (SSI) berbantu media Flash Card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Persis 38 Padalarang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa Indonesia masih rendah. Hal ini disebabkan siswa hanya menghapal, mengingat dan menyimpan informasi dan tidak menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari mereka. Oleh karena itu dibutuhkan proses pembelajaran yang menstimulasi keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran socio-scientific issue (SSI) berbantu media flash card pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen pretest posttest control group design. Instrumen penelitian adalah tes keterampilan berpikir kritis dengan indikator berdasarkan Norris-Ennis dan kuesioner. Bentuk tes dalam penelitian ini adalah uraian sedangkan kuesioner berupa kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan Socio-Scientific Issue berbantu media Flash Card (nilai N-gain 0,63 kategori sedang). Hasil uji statistik menggunakan Mann Whitney U menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata penggunakan pendekatan Socio-Scientific Issue berbantu media Flash Card terhdap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Socio Scientifik Issue; Flash Card; Berpikir Kritis; Pencemaran Lingkungan
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nahla Navilah
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:54
Last Modified: 05 Jan 2022 03:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47268

Actions (login required)

View Item View Item