Pesan dakwah akhlak melalui media Instagram : Analisis isi videogram pada akun Instagram @Hijabalila periode september-oktober 2020

Wahyuni, Iga (2021) Pesan dakwah akhlak melalui media Instagram : Analisis isi videogram pada akun Instagram @Hijabalila periode september-oktober 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga semakin berkembang. Hal ini tentunya akan mempengaruhi masyarakat, khususnya ummat Islam untuk melakukan dakwah dengan cara memaksimalkan teknologi yang ada. Dari perkembangan teknologi inilah, kemudian lahir berbagai media sosial yang melahirkan konten yang sangat beragam. Orang-orang mulai memanfaatkan Instagram sebagai sarana berdakwah karena dinilai sangat efektif. Pesan-pesan dakwah dibungkus secara apik, sehingga pesan dakwah yang akan disampaikan akan lebih mudah dicerna oleh masyarakat dan terlihat lebih menarik. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui isi pesan dakwah akhlak yang termuat dalam videogram @hijabalila. Serta menggali akhlak apa yang paling dominan di dalam videogram akun Instagram @hijabalila pada periode September-Oktober 2020. Titik dari penulisan ini ada pada dimensi dakwah yang di dalamnya terdiri dari da’i, mad’u, metode, pesan dan media. Untuk menjawab permasalahan pada penulisan ini, penulis menggunakan teori SMCR Berlo. Dalam penulisan ini, metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode analisis isi. Dengan metode analisis isi, penulis bisa mengkaji perilaku manusia secara tidak langsung seperti melalui video yang diunggah pada akun Instagram hijab alila. Sumber data primer yang penulis dapatkan berasal langsung dari akun Instagram hijab alila. Sedangkan sumber data sekundernya penulis dapatkan dari penulisan terdahulu, internet dan juga data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu dengan teknik observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penulisan ini adalah adanya dua kategori akhlak yang termuat di dalam videogram akun Instagram hijab alila, yaitu akhlak terhadap Tuhan dan akhlak terhadap sesama manusia. Pada vdeogram pertama mengandung akhlak terhadap sesama yaitu pentingnya mengucapkan kata maaf, tolong dan terimakasih. Pada videogram kedua mengandung akhlak terhadap Tuhan yaitu senantiasa meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT dan selalu merasa cukup. Pada videogram ketiga mengandung akhlak terhadap sesama yaitu senantiasa menjadi orang yang jujur, bukan orang munafik yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu. Kemudian akhlak yang paling dominan pada tiga videogram tersebut yaitu akhlak terhadap sesama manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Akhlak; dan Media Sosial
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Iga Wahyuni
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:00
Last Modified: 03 Jan 2022 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47354

Actions (login required)

View Item View Item