Disain pembelajaran integrasi Sains-Islam mengenai zat aditif pada makanan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa: Penelitian pada Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Subarkah, Cucu Zenab (2021) Disain pembelajaran integrasi Sains-Islam mengenai zat aditif pada makanan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa: Penelitian pada Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Disain Pembelajaran Integrasi Sains-Islam mengenai Zat Aditif pada Makanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa (Penelitian pada Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena pembelajaran di lapangan belum optimal menyentuh integrasi Sains-Islam. Pembelajaran integrasi Sains-Islam menjadi salah satu penciri penerapan wahyu memandu dalam kegiatan akademik di UIN SGD Bandung. Begitu juga halnya pembelajaran Sains-Islam dalam kimia di Program Studi Pendidikan Kimia dan Jurusan Kimia. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi: 1)Substansi materi integrasi Sains-Islam dalam zat aditif pada makanan; 2)Pelaksanaan pembelajaran integrasi Sains-Islam saat ini; 3)pengembangan Disain Pembelajaran Integrasi(DPI)Sains-Islam mengenaizat aditif pada makanan; 4)ImplementasiDPI Sains-Islam mengenaizat aditif pada makanan; dan 5)Dampak penerapanDPI Sains-Islam mengenaizat aditif pada makanan terhadap hasil belajar Pembelajaran terintegrasi Sains-Islam memerlukan suatu disain agar menjadi sebuah kegiatan yang efektif, efisien, dan menarik.DPImerupakan proses sistematik yang dilakukan dengan menerjemahkan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaranmenjadi rancangan yang dapat diimplementasikan dalam materi dan aktivitas pembelajaran.Pengembangan DPIdimulai dengan kegiatan analisis kebutuhan dan materi.Hasil analisis materi berupa topik-topik zat aditif pada makanan yang dihubungkan dengan ayat-ayat al-Qurán menjadi acuan untuk menentukan level hasil belajar dan tahapan pembelajaran integrasi Sains-Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (mix methods), metode design based reseach(DBR), dan model penelitian yang digunakan yaituanalysis,design, develop,implementation, and evaluation(ADDIE). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Adapun subjek penelitian yaitu mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah zat aditif pada makanan dan adiktif di Program Studi PendidikanKimiadanmata kuliah pengantar kimia pangan diJurusan Kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substansimateri ajar zat aditif pada makanan di Program Studi Pendidikan Kimia dan Jurusan Kimia belum sepenuhnya menyentuh integrasi Sains-Islam. Pelaksanaan pembelajaran integrasi Sains-Islam saat ini belum optimal sehingga dibutuhkanreferen DPI Sains-Islam.Tampilan DPImemuat identitas materi, deskripsi materi, Sub-CPMK, kegiatan belajar sesuai tahap integrasi,student activity sheet(SAS),soal tes berpikir tingkat tinggi dan lembar observasi sikap.Hasil uji kelayakan dan validasi menunjukkanDPI Sains-Islam dansemua komponennyalayak dan valid digunakandalam pembelajaran. Implementasi DPI Sains-Islam zat aditif pada makanan dilakukan sesuai jadwal kuliah di masing-masing lokasi penelitian. Pelaksanaan penggunaan DPI Sains-Islam dilakukan secara daring dengan menggunakan berbagai aplikasi. Dampak penggunaan semua komponen DPI Sains-Islam efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, kinerja, dan sikap.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Disain Pembelajaran; Integrasi Sains-Islam; Zat Aditif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Cucu Zenab Subarkah
Date Deposited: 03 Jan 2022 08:19
Last Modified: 03 Jan 2022 08:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47366

Actions (login required)

View Item View Item