Manajemen strategi pengurus masjid dalam meningkatkan kedisiplinan santri: Studi deskriptif di Masjid Al-Irsyad Cijantung VI Cileunyi Kab Bandung

Umiasih, Mia (2021) Manajemen strategi pengurus masjid dalam meningkatkan kedisiplinan santri: Studi deskriptif di Masjid Al-Irsyad Cijantung VI Cileunyi Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (987kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy

Abstract

Santri kurang disiplin adalah salah satu permasalahan yang dihadapi oleh setiap pengurus, maka hal yang harus diterapkan dalam diri setiap santri adalah pembentukan kedisiplinan. Kedisiplinan merupakan hal harus dimiliki oleh setiap orang baik itu anak-anak, remaja maupun dewasa. Dengan kedisiplinan maka kehidupan akan lebih tertata, sebab itu pengurus perlu menyusun suatu manajemen strategi agar kedisiplinan santri meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan strategi, implementsi strategi dan evaluasi strategi yang dilakukan pengurus Masjid Al-Irsyad dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Teori yang digunakan ialah teori manajemen srtategik Riva’i, bahwasannya manajemen strategis mencangkup tiga tahapan strategi, tahapan pertama adalah perumusan strategi, kedua implementsi strategi dan ketiga evaluasi strategi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi pengurus masjid Al-Irsyad dalam meningatkan kedisiplinan santri dilakukan dengan tiga proses: Pertama, perumusan strategi yang meliputi perumusan visi dan misi, analisis lingkungan internal dan eksternal menggunakan analisis SWOT, penentuan tujuan dan sasaran serta penentuan strategi. Kedua, implementasi strategi yang meliputi menciptakan struktur organisasi dan menyediakan sarana dan prasarana. Ketiga, evaluasi yang meliputi analisis kinerja dan laporan pertanggung jawaban. Melalui tiga tahapan manajemen strategi ini pengurus masjid Al-Irsyad menjalankan lima strategi utama dalam meningkatkan kedisiplinan santri yaitu: menegakkan peraturan, memberi teguran/hukuman, memberikan pendidikan moral, memberikan contoh yang baik, dan memberikan penghargaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Pengurus Masjid; Kedisiplinan Santri
Subjects: Islam > Da'wah
Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mia Umiasih
Date Deposited: 09 Jan 2022 08:32
Last Modified: 09 Jan 2022 08:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47384

Actions (login required)

View Item View Item