Pengaruh media sosial terhadap kepercayaan diri remaja : Penelitian di Purna Paskibraka Kabupaten Garut

Pratiwi, Pupuh Widyanur Mega (2021) Pengaruh media sosial terhadap kepercayaan diri remaja : Penelitian di Purna Paskibraka Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan diri merupakan salah satu bentuk yang bisa berdampak dari penggunaan media sosial. Sebab, banyak orang merasa menurun atas kepercayaan dirinya atau bahkan hilang rasa kepercayaan dirinya setelah melihat apa yang dimiliki atau dicapai oleh orang lain dan berujung pada rasa tidak bersyukurnya atas apa yang dimiliki oleh diri sendiri. Kemajuan media sosial tentunya tidak selalu berdampak baik, namun sering kali menyebabkan berdampak buruk. Tujuan dari penelitian ini yakni (1) untuk mengidentifikasi kondisi kepercayaan diri remaja di organisasi Purna Paskibraka Indonesia Kab. Garut; (2) untuk mengidentifikasi remaja dalam menggunakan media sosial di organisasi Purna Paskibraka Indonesia Kab. Garut; dan (3) untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap kepercayaan diri remaja di organisasi Purna Paskibraka Indonesia Kab. Garut. Menurut Gunawan Saleh (dalam Nasrullah, 2015) berpendapat bahwa media sosial ialah sarana yang dengannya konten seperti profil, aktivitas atau bahkan opini pengguna dipublikasikan, serta sarana yang menawarkan ruang untuk komunikasi dan interaksi di jejaring sosial di dunia maya. Menurut Lauster (2002: 4) keyakinan diri ialah sesuatu perilaku ataupun kepercayaan atas keahlian diri sendiri sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak sangat takut, merasa leluasa buat melaksanakan hal-hal yang cocok kemauan serta tanggung jawab tas perbuatannya, sopan dalam berhubungan dengan orang lain, mempunyai dorongan prestasi dan bisa memahami kelebihan serta kekurangan diri sendiri. Penelitian ini mengenakan pendekatan tipe penelitian kuantitaif dengan menggunakan jenis kausal yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara variabel media sosial dan variabel kepercayaan diri pada remaja di Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Garut. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 129 remaja namun pada praktis dilapangan yang ada berjumlah 102 remaja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi kepercayaan diri remaja di organisasi Purna Paskibraka Indonesia Kab. Garut termasuk pada kategori sedang. Hal yang sama juga pada penggunaan media sosial di organisasi Purna Paskibraka Indonesia Kab. Garut masuk pada kategori sedang. Sedangkan pengaruh media sosial terhadap kepercayaan diri remaja di organisasi Purna Paskibraka Indonesia Kab. Garut tidak memiliki pengaruh besar yang ditunjukkan bahwa Sig > Alpha 0,494 > 0,05 maka H0 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Remaja; Kepercayaan Diri
Subjects: Psychology > Experinmental Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Pupuh Widyanur Mega Pratiwi
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:28
Last Modified: 04 Jan 2022 04:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47385

Actions (login required)

View Item View Item