Strategi pengembangan Marketing Mix dan pengaruhnya terhadap peningkatan nasabah tabungan Ib Maslahah Bank Jabar Banten Syariah di Provinsi Jawa Barat

Delvina, Aulia (2021) Strategi pengembangan Marketing Mix dan pengaruhnya terhadap peningkatan nasabah tabungan Ib Maslahah Bank Jabar Banten Syariah di Provinsi Jawa Barat. Doktoral thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perusahaan jasa perbankan yang bersaing untuk menawarkan berbagai produk perbankan kepada para calon nasabahnya. Bank jabar banten syariah merupakan salah satu bank umum syariah yang telah melakukan berbagai upaya promosi yang kurang berpengaruh pada peningkatan nasabah untuk Produk Tabungan iB Maslahah. Penerapan marketing mix yang dilakukan tidak memberikan privilege / keistimewaan bagi nasabah agar selalu teringat dengan Marketing Mix yang telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan marketing mix dan pengaruhnya terhadap peningkatan Nasabah Tabungan iB Maslahah bank jabar banten syariah di Provinsi Jawa Barat. Grand theory penelitian ini adalah teori maqasid al-syari’ah yang mencakup pemeliharaan agama, jiwa, akal, keturunan dan pemeliharaan harta kekayaan. Teori ini menerapkan kaidah ushul fiqh al Maslahah al mursalah, yakni fiqh mu’amalah, khususnya bab al-buyu’ (transaksi komersil) atau untuk sekarang diistilahkan dengan fiqh al-iqtishad. Hal ini karena pembahasan ini terkait dengan perbankan syariah yang merupakan pranata hukum islam yang bersifat komersil atau profite oriented. Middle theory yang digunakan adalah teori Pemasaran serta applicative theory-nya teori Marketing Mix. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan jenis penelitian kuantiatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu yang didasarkan pada data-data angka nominal menggunakan statisik yang bersumber kepada data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Marketing Mix dan Privilege berpengaruh terhadap peningkatan nasabah tabungan iB Maslahah bank jabar banten syariah di Provinsi Jawa Barat, namun dengan adanya strategi pengembangan Marketing Mix berupa penambahan Privilege merupakan strategi yang berpengaruh secara simultan terhadap peningkatan nasabah tabungan iB Maslahah bank jabar banten syariah di Provinsi Jawa Barat. Hal ini merupakan kemaslahatan yang menjadi kunci perbankan syariah untuk lebih bermanfaat, kompetitif dan lebih berkembang dengan cepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; marketing mix; peningkatan nasabah
Subjects: Law
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:39
Last Modified: 04 Jan 2022 01:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47386

Actions (login required)

View Item View Item