Meta analisis implementasi Problem Based Learning pada pembelajaran matematika

Zaelani, Regi Ahmad (2021) Meta analisis implementasi Problem Based Learning pada pembelajaran matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi problem based learning pada pembelajaran Matematika dalam ranah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengaruh (effect size) pada penelitian-penelitian yang menerapkan problem based learning dianalisis dengan teknik meta analisis. Data empiris diperoleh dengan menggunakan mesin pencari elektronik Google Cendikia, dan instrumen yang digunakan adalah dalam bentuk pengkodean (coding). Analisis data dilakukan secara manual berdasarkan rumus effect size Cohen’s. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif terhadap analisis hasil penelitian ilmiah pada e-jurnal penelitian di wilayah Jawa Barat dengan sampel penelitian sebanyak 8 artikel yang memenuhi kriteria sampel. Penelitian meta analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengaruh implementasi problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memperoleh kategori efek rendah. Selanjutnya, effect size implementasi problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan jenjang wilayah mendapatkan nilai effect size dalam kategori rendah untuk kedua jenjang yaitu SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Dengan demikian, problem based learning kurang signifikan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan nilai effect size yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Meta Analisis; Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Regi Ahmad Zaelani
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:22
Last Modified: 04 Jan 2022 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47436

Actions (login required)

View Item View Item