Ardhiyanti, Syifa Dewi (2021) Pengembangan game edukasi "ChemEscape" berorientasi literasi kimia pada materi koloid. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
Abstract
ChemEscape adalah puzzle berbentuk ruang pelarian yang berisikan persoalan mengenai materi kimia atau penggabungan empat ruang teka-teki kimia yang digunakan dalam desain battle box. Game edukasi ChemEscape merupakan suatu media pembelajaran yang terdiri dari empat ruang permainan, antara lain: ruang permata berupa permainan crossword, ruang kedua berupa permainan Index Card Match (ICM), ruang ketiga berupa permainan box question, dan ruang keempat berupa permainan melakukan eksperimen. Selain itu, game edukasi ChemEscape ini dilengkapi dengan soal-soal yang berupa tantangan permainan dan papan informasi yang berkaitan dengan materi koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan game edukasi ChemEscape berorientasi literasi kimia serta mengetahui hasil validasi dan kelakannya. Penelitian ini dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 4 tahapan,nn yaitu: analysis, design, development, dan implementation. Hasil uji validasi media mendapatkan rata-rata nilai rhitung dari berbagai aspek sebesar 0,84 yang dinyatakan valid. Sedangkan pada hasil uji kelayakan yang dilakukan kepada responden, menunjukan bahwa game edukasi ChemEscape berorientasi literasi kimia ini sangat layak dengan nilai persentase rata-rata sebesar 88%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; game edukasi ChemEscape; koloid |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Indoor Game and Amusements > Other Indoor Diversions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Syifa Dewi Ardhiyanti |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 04:47 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 04:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47775 |
Actions (login required)
View Item |