Muhammad, Adam (2021) Implementasi kurikulum model Stephen Romine berbasis pendidikan inklusi di Madrasah Ibdtidaiyah pada masa Covid 19: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Cikadut Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
Abstract
Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang mengikutsertakan siswa berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan siswa normal dalam satu kelas yang sama. Dalam pelaksanaan pendidikan inklusif, kurikulum yang digunakan oleh siswa berkebutuhan khusus berupa kurikulum pendidikan inklusif. Kurikulum ini digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran siswa berkebutuhan khusus. Kurikulum pendidikan inklusif diharapkan mampu memberi pengetahuan dan pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal siswa berkebutuhan khusus hidup bermasyarakat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan program kurikulum pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Pada Masa Covid 19. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan program kurikulum pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Pada Masa Covid 19. 3) Untuk mengetahui evaluasi program kurikulum pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Pada Masa Covid 19. 4) Untuk mengetahui peluang dan hambatan yang terdapat pada program inklusi yang menggunakan model Stephen romine di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Pada Masa Covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kualitatif dan memakai metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan program kurikulum pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda direncanakan dan disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang kemudian dimodifikasi dan disesuaikan dengan tujuan madrasah, kemampuan dan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Perencanaan dilakukan oleh waka kurikulum beserta tim dan juga guru pendamping khusus masing-masing siswa. Perencanaan ini dilakukan pada awal tahun ajaran baru dan setiap disetiap semester. 2) Pelaksanaan program kurikulum pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda berupa mata pelajaran yang disampaikan berdasarkan tema tertentu dan terpisah-pisah atau sesuai subjek pelajaran 3) Evaluasi terhadap kurikulum pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda dilakukan untuk mengetahui ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan dan kesesuaian pelaksanaan dengan rencana. Evaluasi dilakukan pada akhir tahun ajaran dan akhir semester. Evaluasi dilakukan oleh tim evaluator dan juga guru pendamping khusus 4) Peluang dan hambatan dalam Implementasi proram kurikulum berbasis Pendidikan inklusi kurangnya ketersediaan tenaga ahli khusus untuk merancang program Pendidikan Inklusi di MI Miftahul Huda dan perhatian dari pemerintahan setempat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum; Model Stephen Romine; Pendidikan Inklusi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Adam Muhammad |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 04:07 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 03:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47803 |
Actions (login required)
View Item |