Pesan dakwah dalam Rubrik Humaniora Suara Muhammadiyah: Analisis isi terhadap Artikel Rubrik Humaniora Suara Muhammadiyah

Nurramdhan, Ahmad Rifai Yusuf (2021) Pesan dakwah dalam Rubrik Humaniora Suara Muhammadiyah: Analisis isi terhadap Artikel Rubrik Humaniora Suara Muhammadiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy

Abstract

Pada era industri media, pemanfaatan media online sebagai sarana penyampai pesan-pesan keagamaan merupakan alternatif dan kemudahan bagi para da’i dari kalangan penulis. Penyampaian pesan dakwah yang beragam dengan pemanfaatan media online memudahkan banyak pihak termasuk khalayak karena penagksesannya bersifat timeless dan spaceless. Hal ini berlaku pada majalah Suara Muhammadiyah dalam mengembangkan syiar Islam lewat beragam rubrik yang disajikan dalam versi online atau digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah akidah, pesan dakwah syariah, dan pesan dakwah akhlak dalam rubrik Humaniora Suara Muhammadiyah edisi Februari 2021 yang selanjutnya akan diketahui kategorisasi rubrik tersebut. Penelitian ini berpijak pada teori kontekstual semantik K. Ammer yang merupakan pengembangan dari teori dasar J. R. Firth dengan penggunaan indikator konteks kebahasaan, konteks emosional, dan konteks situasi sebagai alat dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan ialah metode analisis isi kualitatif dengan yang dalam praktiknya dilakukan pengumpulan data, kemudian data tersebut direduksi serta dianalisis, lalu nantinya data tersebut diverifikasi sehingga ditemukan hasil. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pada rubrik Humaniora edisi bulan Februari 2021 terdapat pesan akidah (konsepsi iman kepada Allah, malaikat, rasul, hari kiamat, dan takdir Allah), syariah (fikih ibadah, akhwal syakhsiyyah, fikih jinayah), dan akhlak (akhlak terhadap Allah, akhlak pribadi, akhlak dalam berkeluarga, akhlak dalam bermasyarakat, dan akhlak terhadap alam) sehingga nampak ada keuniversalan pesan dakwah dalam rubrik tersebut. Meski tidak seluruh artikel memuat pesan akidah dan syariah, tetapi semua artikel yang terbit di bulan tersebut memiliki pesan dakwah akhlak di dalamnya sehingga dominasi pesan dakwah pada rubrik Humaniora Suara Muhammadiyah edisi Februari 2021 ialah pesan dakwah akhlak. Penelitian ini bisa menjadi bahan bacaan dan tambahan referensi seputar pesan akhlak keseharian bagi khalayak umum. Kemudian bagi para peneliti selanjutnya, penelitian ini bisa dijadikan informasi tambahan dan sarana komparasi sehingga kedepannya ada penelitian lain dari subjek penelitian yang sama. Bagi praktisi media dan penulis, penelitian ini bisa dijadikan pertimbangan dalam pengembangan pesan dakwah melalui artikel sehingga pesan lebih beragam lagi dan bagi praktisi dakwah, penelitian ini bisa menjadi informasi tambahan dan bahan pertimbangan terkait pesan dakwah akhlak yang praktis dalam keseharian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Rubrik Humaniora; Akhlak
Subjects: Islam Umum > Majalah Agama Islam, Jurnal Agama Islam, Penerbitan-penerbitan Berkala Islam
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Rifai Yusuf Nurramdhan
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:48
Last Modified: 13 Jan 2022 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47859

Actions (login required)

View Item View Item