Utami, Rachma Widia (2021) Penerapan model pembelajaran Suditory Initellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran IPA khususnya biologi di MTs Sirnamiskin Bandung secara umum masih berpusat pada guru. Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) merupakan alternatif pembelajaran biologi yang menekankan pada tiga aspek, yaitu belajar dengan mendengar, belajar dengan berpikir, memecahkan masalah, dan pengulangan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, maka akan meningkatkan pemahaman konsep siswa, terutama meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran AIR, menganalisis hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan dengan menggunakan model AIR, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model AIR. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experiment dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes pilihan ganda hasil belajar siswa (pretest dan posttest), dan angket. Hasil penelitian menunjukkan kelas yang menggunakan model AIR memiliki rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 96,2%, rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 86,2% dengan kategori keduanya sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR memperoleh nilai n-gain sebesar 0,66. Respon siswa memperoleh persentase 72,70%. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya keefektifan model AIR terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan dengan taraf signifikan 5% dengan nilai thitung (16,7) > ttabel (1,9).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR); Sistem Pencernaan |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rachma Widia Utami |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 01:27 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 01:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48074 |
Actions (login required)
View Item |