Pengaruh metode bermain SIANIDA (Suara, Irama dan Nada) terhadap kecerdasan musik anak usia dini : Kuasi eksperimen pada kelompok B di RA Al-Amanah Kabupaten Bekasi

Pangestika, Delvi Dwi (2021) Pengaruh metode bermain SIANIDA (Suara, Irama dan Nada) terhadap kecerdasan musik anak usia dini : Kuasi eksperimen pada kelompok B di RA Al-Amanah Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_babv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan mengenai perkembangan seni yang rendah terutama mengenai kecerdasan musik anak usia dini. Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan musik dilakukan dengan metode sederhana yaitu bernyanyi, sebagian anak ada yang lipsing dan masih bergantung kepada gurunya ketika bernyanyi. Hal tersebut menunjukkan bahwa anak perlu mengembangkan bakat melalui kecerdasan musik selain bernyanyi. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis (1) penerapan metode bermain SIANIDA (Suara, Irama, dan Nada) pada lagu Nussa dan Rara terhadap kecerdasan musik anak usia dini, (2) pengaruh metode bermain SIANIDA (Suara, Irama, dan Nada) yang signifikan pada lagu Nussa dan Rara terhadap kecerdasan musik anak usia dini, (3) faktor pendukung dan penghambat metode bermain sianada (suara irama, dan nada) pada lagu Nussa dan Rara terhadap kecerdasan musik anak usia dini. Penelitian ini menghipotesis bahwa siswa yang mendapatkan metode SIANIDA (Suara, Irama, dan Nada) memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kecerdasan musik anak usia dini sedangkan dengan metode bernyanyi saja memiliki pengaruh yang lebih rendah daripada metode SIANIDA (Suara, Irama dan Nada). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dengan pola pretest dan postest serta dilakukan treatment pada kelas A sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas B sebagai kelompok kelas kontrol yang dijadikan pembanding. Pengumpulan data dilakukan analisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pengukuran sebelum dan sesudah diberikan treatment diperoleh adanya perbedaan pada metode bermain SIANIDA (Suara, Irama, dan Nada) dan metode bernyanyi. Nilai rata-rata kelompok eksperimen 93.12 dan kelompok kontrol sebesar 75 Perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelompok kontrol, sehingga dapat diketahui terdapat pengaruh yang positif pada penerapan permainan SIANIDA (Suara, Irama, dan Nada) dalam pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan musik anak usia dini.Sehingga dapat disimpulkan terdapat efektivitas dari metode bermain SIANIDA (Suara, Irama, dan Nada) yang berpengaruh terhadap perkembangan musik anak usia dini pada lagu Nussa dan Rara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Musik; metode bermain (Suara, Irama dan Nada); Metode Bernyanyi
Subjects: Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Delvi Dwi Pangestika
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:02
Last Modified: 19 Jan 2022 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48099

Actions (login required)

View Item View Item