Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 berbasis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi

Roziqoh, Dein Fauziah (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 berbasis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan teknologi media interaktif memudahkan proses pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi agar tetap terjalinnya interaksi guru dengan siswa.Media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 merupakan perkembangan media yang inovatif untuk proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan, mengetahui validitas, efektivitas media, serta mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 berbasis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskersi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menyatakan persentase validasi pada media Articulate Storyline 3 sebanyak 81% dengan kategori sangat layak. Penggunaan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,49 yang dikategorikan sedang. Respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 memiliki nilai rata-rata sebesar 77% dengan interpretasi baik. Berdasarkan hasil uji validitas uji validitas dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 pada materi sistem ekskresi dianggap telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Articulate Storyline 3; keterampilan berpikir kritis siswa; sistem ekskresi.
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dein Fauziah Roziqoh
Date Deposited: 26 Jan 2022 00:37
Last Modified: 26 Jan 2022 00:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48349

Actions (login required)

View Item View Item