Deristianti, Euis Nurul (2020) Manajemen implementasi kurikulum madrasah tsanawiyah: Studi kasus di MTs Persis Katapang kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (708kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
Abstract
Madrasah adalah satuan pendidikan formal yang ada dalam naungan Kementrian Agama yang menyelenggarakan pendidikan dengan ciri khas keislaman. Dalam meningkatkan daya saing dan mutu madrasah, berbagai inovasi dan pengembangan implementasi kurikulum pun dilakukan. Selain itu, Kementrian Agama pun mendorong dan memberikan ruang kepada madrasah untuk melakukan inovasi dalam implementasi kurikulum Madrasah Tsanawiyah. Itulah yang mendasari peneliti untuk untuk melakukan penelitian mengenai manajemen impelementasi kurikulum di MTs Persis Katapang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses perencaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan implementasi kurikulum di MTs Persis Katapang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum di MTs Persis Katapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Dengan pendekatan kualitatif naturalistik yang didasarkan pada fenomonologi sosial. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi (gabungan). Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen Implementasi Kurikulum di MTs Persis Katapang Kabupaten Bandung cukup baik. Dalam perencanaannya Kepala MTs Persis Katapang telah merencanakan program disertai dengan menentukan siapa pelaksanan dan pengawasnya hingga merumuskan tupoksi pelaksana dan merinci berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan program tersebut. Semua hal tersebut dilakukan dengan tetap berpedoman pada tujuan MTs Persis Katapang serta berlandasakan analisis kebutuhan yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam hal pengorganisasian, Kepala MTs Persis Katapang menyusun program-program berdasarkan urgensinya terhadap pencapaian tujuan, lalu kemudian mengelompokannya berdasarkan fokus yang sama dan membuat divisi sesuai dengan pengelompokan tersebut. Setelah divisi dibuat, kepala MTs Persis Katapang menjelaskan tupoksi yang disusunnya dan membuat struktur organisasinya. Terkait upaya penggerakan Kepala MTs Persis Katapang melakukan berbagai hal namun fokus utamanya adalah memberikan keteladanan. dari segi pengawasan, MTs Persis Katapang mengawasi, menilai, dan mengoreksi dengan fokus pada upaya perbaikan proses dan hasil. Adapun aspek yangdinilai sangat mempengraruhi implementasi kurikulum di MTs Persis Katapang adalah sumberdaya manusia serta sarana dan parasana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pendidikan; Kurikulum; Madrasah; Tsanawiyah; Persis |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Euis Nurul Deristianti |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 01:17 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 02:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48385 |
Actions (login required)
View Item |