Pengaruh model pembelajaran JIRQA berbantu Google Book terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem

Risti, Nicky Rhaina (2020) Pengaruh model pembelajaran JIRQA berbantu Google Book terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan abad 21 khususnya pada bidang pendidikan menuntut siswa untuk memiliki keterampilan belajar salah satunya keterampilan berpikir kritis sedangkan proses pembelajaran masih kurang memadai. Model pembelajaran JIRQA berbantu google book adalah cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran JIRQA berbantu google book pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design. Pengambilan sampelnya dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah 67 orang siswa dari kelas X MIA 1 dan X MIA 4 SMA Negeri 1 Sindangkerta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest, posttest, dan angket, dengan jumlah 10 butir soal tes dan 20 butir soal angket. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran JIRQA berbantu google book terdapat pengaruh yang positif dengan nilai rata-rata pretest 20,61, posttest 24,24, dan N-Gain 0,39 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji normalitas data terdapat yang tidak berdistribusi normal yaitu data pretest pada kelas eksperimen sehingga digunakan uji non parametic Mann- Whitney dengan hasil 0,028 sehingga H1 diterima. Maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran JIRQA berbantu google book berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; JIRQA; Ekosistem
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nicky Rhaina Risti
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:34
Last Modified: 24 Feb 2022 07:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48446

Actions (login required)

View Item View Item