Implementasi pendidikan karakter melalui program Tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas III MI Hidayatul Ahbabina di era pandemi covid-19

Zaenab, Siti (2021) Implementasi pendidikan karakter melalui program Tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas III MI Hidayatul Ahbabina di era pandemi covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

SITI ZAENAB. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program Tahfidz Al-Qur'an pada Siswa Kelas III MI Hidayatul Ahbabina di era pandemi Covid-19 (Penelitian Deskriptif Kualitatif di MI Hidayatul Ahbabina, Setu-Bekasi) Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai pendidikan karakter peserta didik selama pandemi covid-19, yang mana di sekolah yang diteliti itu merupakan sekolah yang memiliki keunggulan di program tahfidz Al-Qur’an, namun semenjak pandemi covid-19 ini program tahfidz Al-Qur'an ini kurang efektif dikarenakan kurangnya bimbingan dari gurunya langsung, guru tidak membiasakan kepada peserta didik untuk setor hafalannya seperti biasanya sebelum pandemi covid-19, Sehingga dapat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1). Implementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur'an, 2). Nilai-nilai karakter yang dikembangkan melalui program tahfidz Al-Qur'an, dan 3). Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur'an pada siswa kelas III MI Hidayatul Ahbabina di era pandemi covid-19 Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan, yaitu dengan cara pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Dalam penerapan pendidikan karakter melalui program tahfidz ini selama pandemi pelaksaannya dengan melalui google meet dan whatsapp. 2). Nilai-nilai karakter yang dikembangkan melalui program tahfidz Al-Qur'an ini yaitu peserta didik dengan dilakukan pembiasaan tahfidz Al-Qur'an sehingga dapat terbentuk nilai karakter nilai religius, jujur, sabar, mandiri, tanggung jawab, disiplin, istiqomah, pekerja keras, toleransi, gemar membaca dan cinta terhadap Al-Qur’an 3). Faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur'an, adapun faktor pendukungnya yaitu: adanya motivasi dari guru maupun orangtua peserta didik, adanya minat dan bakat peserta didik, dan juga faktor dari lingkungan, baik dari sekolah, keluarga maupun masyarakat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: adanya kendala internet, dan kurangnya manajemen waktu sehingga penerapan pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur'an ini kurang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pendidikan Karakter; Tahfidz Al-Qur’an; Nilai-Nilai; Karakter; Peserta Didik;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Zaenab
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:53
Last Modified: 04 Feb 2022 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48591

Actions (login required)

View Item View Item