Hubungan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan penerapan manajemen berbasis sekolah dengan mutu sekolah: Penelitian di Sekolah Dasar Negeri pada wilayah UPTD TK dan SD Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung

Nur'aiini, Luthfi Fauziyyah (2021) Hubungan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan penerapan manajemen berbasis sekolah dengan mutu sekolah: Penelitian di Sekolah Dasar Negeri pada wilayah UPTD TK dan SD Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri pada wilayah UPTD TK dan SD Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung bertujuan untuk menganalisis: 1) Bagaimana hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan peningkatam mutu sekolah pada sekolah dasar di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung?; 2) Bagaimana hubungan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dengan peningkatan mutu sekolah pada sekolah dasar di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung?; 3) Bagaimana hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dengan peningkatan mutu sekolah pada sekolah dasar di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif causal effect. Sumber data dalam penelitian ini meliputi guru dan kepala sekolah di sekolah dasar negeri pada wilayah UPTD TK dan SD Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu statistik deskriptif, analisis linier regresi berganda dan uji komparasi dengan nilai signifikan α = 5% (0,05). Dalam pengolahan data penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berhubungan dengan mutu sekolah, karena dengan gaya kepemimpinan yang tepat dan mumpuni yang dimiliki oleh kepala sekolah dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap mutu sekolah. Dan penerapan manajemen berbasis sekolah yang semakin baik maka semakin tinggi pula mutu sekolah. Secara parsial terdapat hubungan yang positif antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan mutu sekolah karena t_{hitung}>t_{tabel}, yaitu 4,927 < 1,973. Dan penerapan manajemen berbasis sekolah juga memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap mutu sekolah dengan hasil 5,933 > 1,973. Sedangkan secara simultan terdapat hubungan yang positif antara variabel gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan penerapan manajemen berbasis sekolah dengan mutu sekolah dengan nilai statistif F sebesar 46,918 > F_{tabel} 3,05 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 menunjukkan bahwa adanya hubungan signifikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, penerapan manajemen berbasis sekolah dengan mutu sekolah secara stimulan sebesar 34%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional; Manajemen Berbasis Sekolah; dan Mutu Sekolah
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Luthfi Fauziyyah Nur’aiini
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:08
Last Modified: 03 Feb 2022 01:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48625

Actions (login required)

View Item View Item