Penerapan media Power Point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajah: Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung

Mauludin, Irfan (2018) Penerapan media Power Point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajah: Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

ENGLISH: This research is based on the phenomenon that occurred in class V MI At-Taqwa Rancaekek Bandung Regency that the learning outcomes of students in the main IPS subjects of the struggle against invaders are generally still low. This research method is PTK. The results of the data analysis showed that the learning results of students of class V MI At-Taqwa Rancaekek before using the power point medium averaged 51, with less categories. The learning process using power point media is going well. This is indicated by the observation of teacher activity always increases in each cycle, namely in cycle I 68.75% with good category, cycle II by 93.75% with excellent category. The average score of student learning outcomes increased in cycle I of action I by 58 with less category, action II by 71 with good category, and cycle II of action I by 79 with good category, action II by 84 with excellent category. INDONESIA: Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di kelas V MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajah umumnya masih rendah. Metode penelitian ini adalah PTK. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V MI At-Taqwa Rancaekek sebelum menggunakan media power point nilai rata-ratanya sebesar 51, dengan kategori kurang. Proses pembelajaran menggunakan media power point berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil observasi aktivitas guru selalu meningkat pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus I 68,75% dengan kategori baik, siklus II sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik. Adapun nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I tindakan I sebesar 58 dengan kategori kurang, tindakan II sebesar 71 dengan kategori baik, dan siklus II tindakan I sebesar 79 dengan dengan kategori baik, tindakan II sebesar 84 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Power Point; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irfan Mauludin
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:47
Last Modified: 04 Feb 2022 03:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48689

Actions (login required)

View Item View Item