Implementasi Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMP Negeri 1 Rancakalong Kabupaten Sumedang

M. Fauji, Diki (2020) Implementasi Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMP Negeri 1 Rancakalong Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya fenomena bahwa Siswa SMP Negeri 1 Rancakalong Kabupaten Sumedang rata-rata kemampuan dalam membaca Al-Qurannya kurang fasih, belum sesuai dengan makhorijul huruf serta hukum tajwidnya. Upaya yang dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan metode ummi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an, (2) faktor pendukung, penghambat, dan (3) hasil implementasi metode ummi di SMP Negeri 1 Rancakalong. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya penerapan metode pembelajaran yang tepat. Diantara metode tersebut adalah metode ummi. Metode ummi adalah metode belajar membaca yang mengikuti kata-kata ibu misalnya belajar membaca kata “sajada”, dengan mengejanya adalah langsung per suku kata (sa-ja-da). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) impelemntasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan dan tahapan-tahapannya, media yang digunakan sangat mendukung, evaluasi yang dilakukan dengan baik, serta telah sesuai dengan tujuannya. (2) faktor pendukungnya adalah media yang memadai, tenaga pendidik yang kompeten dan dukungan dari sekolah. Adapun faktor penghambatnya adalah tenaga pengajar masih kurang, kurangnya konsentrasi siswa, kemampuan dan daya serap siswa yang berbeda-beda, banyak siswa yang belum mengenal tajwid, kurangnya peran orangtua dirumah, serta kurangnya waktu pembelajaran (3) hasil yang diperoleh dari implementasi metode ummi diantaranya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lebih meningkat, siswa termotivasi dengan adanya metode Ummi, dan siswa mengalami peningkatan dalam menghafal juz Amma. ENGLISH: This research is motivated by the phenomenon that students of SMP Negeri 1 Rancakalong, Sumedang Regency, on average, are less fluent in reading the Koran, not in accordance with the makhorijul letters and the law of tajwid. Efforts are being made to overcome this by applying the ummi method. The purpose of this study was to determine (1) the implementation of the Ummi method in improving the ability to read the Qur'an, (2) the supporting factors, inhibiting factors, and (3) the results of the implementation of the ummi method in SMP Negeri 1 Rancakalong. This research is based on the idea that students' ability to read and memorize the Qur'an is influenced by many factors. One of them is the application of appropriate learning methods. Among these methods is the ummi method. The ummi method is a method of learning to read that follows the mother's words, for example learning to read the word "sajada", by spelling it directly per syllable (sa-ja-da). The method used in this study is a qualitative descriptive method. Data collection techniques were carried out by interview, observation, and documentation study. Data analysis was carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the data analysis, it was concluded that (1) the implementation of the ummi method in improving the ability to read the Qur'an went well in accordance with the provisions and stages, the media used was very supportive, the evaluation was carried out well, and was in accordance with its objectives. (2) the supporting factors are adequate media, competent educators and support from schools. The inhibiting factors are the lack of teaching staff, lack of student concentration, different abilities and absorption of students, many students who do not know recitation, lack of parental roles at home, and lack of learning time (3) the results obtained from the implementation of the ummi method include Students' ability to read Al-Qur'an is increasing, students are motivated by the Ummi method, and students have increased in memorizing Juz Amma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Ummi; Kemampuan Membaca Al-Qur'an
Subjects: Islam > Koran
Islam > Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diki Fauzi
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:15
Last Modified: 22 Feb 2022 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49137

Actions (login required)

View Item View Item