Taqiyuddin, Ahmad (2022) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Event Epic Sale Traveloka dikaitkan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
Abstract
Aktivitas bisnis dengan teknologi internet disebut sebagai e-commerce salah satu nya adalah Traveloka. Event epic sale traveloka adalah salah satu produk promosi dari e-commerce yaitu traveloka, namun di produk promosi traveloka ini ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan norma-norma dalam hukum, hukum menurut angama islam dan dalam hukum positif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme event epic sale di Traveloka lalu untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap event epic sale di Traveloka. Dan juga untuk mengetahui hukum para pihak yang bersangkutan menurut hukum positif. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang termasuk ke dalam penelitian deskriptif- analitis karena penelitian ini berfokus atas suatu kasus yang diamati dan dianalisis secara cermat kemudian disimpulkan secara akurat. Menggunakan jenis penelitian yang yuridis normatif dan yuridis empiris. Karena selain berfokus pada norma hukum terdapat dalam peraturan perundang-undangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya perlindungan konsumen di event epic sale ada tidak sesuai dengan beberapa pasal yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang selanjutnya disebut dengan UUPK. Setidaknya ada beberapa pasal yang tidak sesuai dengan apa yang dipraktikkan pelaku usaha di event epic sale sebagai berikut: pasal 4 ayat 3,7 dan 8 tentang hak-hak konsumen, kemudian mengenai kewajiban pelaku usaha yang tertulis dalam pasal 7 ayat 1,2,6, dan 7.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jual Beli Online; Event Epic Sale; UUPK(Undang-Undang Perlindungan Konsumen) |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam Private Law > Contracts Private Law > Commercial Law |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Ahmad Taqiyuddin |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 02:10 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49608 |
Actions (login required)
View Item |