Saadah, Siti (2022) Penerapan model pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan Self–Efficacy matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text
1_cover.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (540kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self-efficacy matematis siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Brainstorming. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Brainstorming, (b) pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (c) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis yang paling baik antara pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Brainstorming dan pembelajaran konvensional, (d) peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control group Design. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A dan VIII-B MTs. Unwanul Falah. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran Brainstorming secara umum siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran (b) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional ketika sebelum dan setelah pembelajaran tidak mengalami perubahan yang signifikan (c) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional, (d) Peningkatan kemampuan self-efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brainstorming; berpikir kreatif matematis; self-efficacy |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Saadah |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 04:10 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 04:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50330 |
Actions (login required)
View Item |