Tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet hubungannya dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Rohman, Maman Nurul (2022) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet hubungannya dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, di SMP Negeri 46 Bandung dalam pembelajaran menggunakan internet serta hubungannya dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Secara umum siswa belajar dengan baik dan menggunakan internet sebagai metode pembelajarannya. Penulis merasa tertarik untuk meneliti mengenai tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet dan aktivitas belajar siswa adakah hubungan antara keduanya. Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 46 Bandung. (2)Untuk mengetahui realitas aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 46 Bandung. (3)Untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 46 Bandung. Penelitian ini berlandaskan pada asumsi bahwa penggunaan internet dalam pembelajaran telah mengubah cara pendidikan konvesional menuju arah yang lebih modern. Sehingga keaktifan peserta didik yang dituntut memahami sesuatu tetapi ada keterbatasan jarak dan sumber informasitelah teratasi dengan hadirnya internet. Dari asumsi tersebut peneliti mengajukan hipotesis dalam penelitian ini adalah semakin benar siswa menggunakan internetpada pembelajaran maka semakin antusias dalam mengikuti aktivitas belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang secara umum dilaksanakan dengan menggunakan metode korelasi. Untuk teknik pengumpulan data terdiri dari studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan pendekatan statistic yaitu analisis parsial, uji normalitas, analisis korelasi dan uji pengaruh variabel X dan variabel Y. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil : (1) tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet termasuk ke variabel X dengan seluruh indikator yang ada didalamnya memperoleh skor rata-rata 3,86 pada interval 3,40-4,19 dan termasuk kategori baik; (2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam termasuk ke dalam variabel Y dengan seluruh indikator yang ada di dalamnya memperoleh skor rata-rata 3,67 pada interval 3,40-4,19 termasuk kategori baik; (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu tinggi dengan koefisien korelasi 0,62.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Internet; Aktivitas Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maman Nurul Rohman
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:47
Last Modified: 18 Apr 2022 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50398

Actions (login required)

View Item View Item