Rohman, Maman Nurul (2022) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet hubungannya dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (566kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, di SMP Negeri 46 Bandung dalam pembelajaran menggunakan internet serta hubungannya dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Secara umum siswa belajar dengan baik dan menggunakan internet sebagai metode pembelajarannya. Penulis merasa tertarik untuk meneliti mengenai tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet dan aktivitas belajar siswa adakah hubungan antara keduanya. Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 46 Bandung. (2)Untuk mengetahui realitas aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 46 Bandung. (3)Untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 46 Bandung. Penelitian ini berlandaskan pada asumsi bahwa penggunaan internet dalam pembelajaran telah mengubah cara pendidikan konvesional menuju arah yang lebih modern. Sehingga keaktifan peserta didik yang dituntut memahami sesuatu tetapi ada keterbatasan jarak dan sumber informasitelah teratasi dengan hadirnya internet. Dari asumsi tersebut peneliti mengajukan hipotesis dalam penelitian ini adalah semakin benar siswa menggunakan internetpada pembelajaran maka semakin antusias dalam mengikuti aktivitas belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang secara umum dilaksanakan dengan menggunakan metode korelasi. Untuk teknik pengumpulan data terdiri dari studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan pendekatan statistic yaitu analisis parsial, uji normalitas, analisis korelasi dan uji pengaruh variabel X dan variabel Y. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil : (1) tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet termasuk ke variabel X dengan seluruh indikator yang ada didalamnya memperoleh skor rata-rata 3,86 pada interval 3,40-4,19 dan termasuk kategori baik; (2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam termasuk ke dalam variabel Y dengan seluruh indikator yang ada di dalamnya memperoleh skor rata-rata 3,67 pada interval 3,40-4,19 termasuk kategori baik; (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan internet dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu tinggi dengan koefisien korelasi 0,62.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Internet; Aktivitas Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maman Nurul Rohman |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:47 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50398 |
Actions (login required)
View Item |