Izmi, Khalida (2021) Pengaruh penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini : Quasi eksperimen pada kelompok B RA Himmatul Ummi Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
Abstract
Penguasaan bahasa Inggris sangat diperlukan bagi setiap orang sehingga sangat penting untuk mengenalkan bahasa Inggris sedini mungkin. Berdasarkan observasi awal, penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B di RA Himmatul Ummi kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung dirasa masih kurang karena masih banyak anak yang belum mengenal kosakata bahasa Inggris dasar meskipun sudah pernah dipelajari sebelumnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar diharapkan menjadi solusi dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris anak pada kelompok B RA Himmatul Ummi kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak melalui metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar (kelas eksperimen); (2) Penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak melalui metode bernyanyi (kelas kontrol); dan (3) perbandingan peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak antara melalui metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dengan metode bernyanyi di kelompok B RA Himmatul Ummi Margahayu Kabupaten Bandung, Penelitian ini mengacu pada teori kognitif yang dicetuskan oleh Jean Piaget yakni struktur bahasa muncul berdasarkan interaksi terus menerus antara kemampuan kognitif dan rangsangan dari luar. Perkembangan bahasa dipengaruhi oleh kognitif serta peran aktif anak dalam memproses informasi yang diterima dari lingkungan kemudian menyimpulkan makna dan menyusun struktur bahasa yang akan diucapkannya (Usman, 2015). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode quasi eksperimen yang dilakukan selama empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen yang berjumlah 18 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian unjuk kerja, teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dari hasil penilaian unjuk kerja yang dicapai anak. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 39,7 dan post test sebesar 81,9. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 38,3 dan post test sebesar 77,2. Hasil uji t test pada penelitian ini adalah 26,840 > 2,110. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar secara signifikan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B RA Himmatul Ummi Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bercerita; Kosakata; Bahasa Inggris; Anak Usia Dini |
Subjects: | Education, Research Elementary Education > Language Skills for Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Khalida Izmi |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 03:48 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 03:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50623 |
Actions (login required)
View Item |