Pengembangan E-modul menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk meningkatkan kemampuan Representasi Matematis dan motivasi belajar siswa: Penelitian research and development (R&D) terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gununghalu Kabupaten Bandung Barat

Widiani, Tria (2022) Pengembangan E-modul menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk meningkatkan kemampuan Representasi Matematis dan motivasi belajar siswa: Penelitian research and development (R&D) terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penelitian untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa yang didukung oleh hasil studi pendahuluan terhadap siswa kelas VIII di SMPN 2 Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker. Tujuan dilakukannya penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui: (a) Bagaimana mengembangkan e-modul dengan menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. (b) Apakah e-modul yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan dari segi kevalidan, efektifitas dan kepraktisan. (c) Apakah E-Modul dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian dan pengembangan forur-D (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (a) Hasil validitas para ahli menunjukan e-modul menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker valid dan layak untuk digunakan dan hasil respon guru dan siswa mendapat kriteria kelayakan efektif dan praktis. (b) E-modul menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker ini telah memenuhi syarat kelayakan baik pada segi kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dalam proses pembelajaran. (c) Terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran menggunakan e-modul dengan bantuan aplikasi kvisoft flipbook maker.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-modul; Kvisoft Flipbook Maker; Kemampuan Representasi Matematis; Motivasi Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tria Widiani
Date Deposited: 09 May 2022 02:59
Last Modified: 09 May 2022 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50747

Actions (login required)

View Item View Item