Widiani, Tria (2022) Pengembangan E-modul menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk meningkatkan kemampuan Representasi Matematis dan motivasi belajar siswa: Penelitian research and development (R&D) terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari penelitian untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa yang didukung oleh hasil studi pendahuluan terhadap siswa kelas VIII di SMPN 2 Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker. Tujuan dilakukannya penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui: (a) Bagaimana mengembangkan e-modul dengan menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. (b) Apakah e-modul yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan dari segi kevalidan, efektifitas dan kepraktisan. (c) Apakah E-Modul dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian dan pengembangan forur-D (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (a) Hasil validitas para ahli menunjukan e-modul menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker valid dan layak untuk digunakan dan hasil respon guru dan siswa mendapat kriteria kelayakan efektif dan praktis. (b) E-modul menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker ini telah memenuhi syarat kelayakan baik pada segi kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dalam proses pembelajaran. (c) Terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran menggunakan e-modul dengan bantuan aplikasi kvisoft flipbook maker.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan E-modul; Kvisoft Flipbook Maker; Kemampuan Representasi Matematis; Motivasi Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Tria Widiani |
Date Deposited: | 09 May 2022 02:59 |
Last Modified: | 09 May 2022 02:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50747 |
Actions (login required)
View Item |