Pengaruh penerapan metode Reward and Punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih : Penelitian quasi experiment terhadap siswa kelas X MAN Bandung Barat

Rahman, Afrillia Muthia (2022) Pengaruh penerapan metode Reward and Punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih : Penelitian quasi experiment terhadap siswa kelas X MAN Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Fikih, dimana proses pembelajaran yang berlangsung hanya satu arah yaitu lebih banyak guru yang aktif, dan banyak siswa yang masih telat dalam mengumpulkan tugas yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui beberapa hal diantaranya: (1) Penerapan Metode Reward And Punishment Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas X MAN Bandung Barat (2) Motivasi Belajar Siswa Sebelum Diterapkan Metode Reward And Punishment Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas X MAN Bandung Barat (3) Motivasi Belajar Siswa Setelah Diterapkan Metode Reward And Punishment Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas X MAN Bandung Barat (4) Pengaruh Penerapan Metode Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas X MAN Bandung Barat. Penelitian ini didasarkan dari sebuah pemahaman bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya yaitu penggunaan metode belajar yang digunakan oleh guru. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yaitu metode reward and punishment . Dari hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah pengaruh penerapan metode reward and punishment diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Experiment dengan model Nonequivalent Control Group Design, dengan sampel Nonprobability Sampling dan teknik Sampling Purposive dengan sampel berjumlah 33 siswa pada kelas eksperimen dan 31 siswa pada kelas kontrol. Teknis pengumpulan data diantaranya dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan uji-t bebas (Independent). Hasil penelitian ini yaitu : (1) Penerapan metode reward and punishment pada mata pelajaran Fikih terlaksana dengan baik dengan hasil observasi aktivitas guru 96% pada kategori sangat baik, dan hasil observasi aktivitas siswa 86.35% pada kategori sangat baik. (2) Motivasi belajar siswa sebelum diterapkannya metode reward and punishment di kelas eksperimen dan kontrol tidak terlalu menunjukkan hasil perbedaan yang terlalu jauh, yaitu kelas eksperimen sebesar 77 pada kategori tinggi dan kontrol sebesar 66 pada kategori sedang. (3) Motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode reward and punishment pada mata pelajaran fikih di kelas eksperimen meningkat, dengan hasil pretest sebesar 77 pada kategori tinggi dan hasil posttest sebesar 92.3 pada kategori sangat tinggi. (4) Terdapat pengaruh penerapan metode reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih . Hal ini terlihat dari uji hipotesis t hitung (7.07) > t tabel (2.00) yang berarti hipotesis yang diajukan ( H_a ) diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Metode Reward and Punishment; Motivasi Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afrillia Muthia Rahman
Date Deposited: 11 May 2022 06:19
Last Modified: 11 May 2022 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50923

Actions (login required)

View Item View Item