Amrullah, Muhammad (2022) Pengembangan media game edukasi menggunakan Unity 3D berbasis android pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan terhadap motivasi belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
Abstract
Muhammad Amrullah: Pengembangan Media Game Edukasi Menggunakan Unity 3d Berbasis Android Pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Seluruh jenjang pendidikan bertransformasi melalui media daring (online). Kondisi ini pun menuai masalah, yaitu pada motivasi belajar siswa yang terus mengalami penurunan dikarenakan media yang digunakan dianggap kurang memenuhi kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan media yang dikembangkan, menganalisis uji kelayakan media, dan menganalisis penggunaan media dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah R&D (Research and Development), dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Develop). Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar wawancara untuk guru biologi dan siswa, lembar uji kelayakan terdiri dari lembar validasi dan keterbacaan siswa, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3 SMA KP 1 Ciparay. Hasil uji validasi dari ahli media mendapatkan skor 94% (sangat layak), dari ahli materi mendapatkan skor 83% (sangat layak), serta dari guru biologi mendapatkan skor 79% (sangat layak). Hasil uji respon siswa terhadap media mendapatkan skor 83% (sangat baik). Hasil dari uji motivasi belajar siswa menujukkan perbedaan antara sebelum dan sesudahnya. Skor yang diperoleh sebelum menggunakan media 57% (sedang), sedangkan skor yang diperoleh setelah menggunakan media 77% (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media game edukasi sangat layak digunakan dalam pembelajaran, serta media tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi Berbasis Android; Motivasi Belajar Siswa; Perubahan dan Pelestarian Lingkungan. |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities Game of Chance |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Amrullah |
Date Deposited: | 13 May 2022 07:37 |
Last Modified: | 13 May 2022 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51046 |
Actions (login required)
View Item |