Setiawan, Dedi (2022) Praktik jasa Endorsement di media sosial Instagram perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
Abstract
Kemunculan media sosial Instagram yang merupakan platform berbagi foto dan video merambaknya suatu lahan bisnis untuk seseorang dalam mempromosikan dan menjual produk kepada pengguna Instagram lainnya. Untuk menarik minat konsumen, suatu perusahaan atau Online Shop menggunakan berbagai macam promosi. Salah satunya adalah pemasaran melalui endorsement. Namum seringkali pelaku usaha dan selebgram dalam mempromosikan produk tidak jujur dan mengandung unsur iklan penipuan yang menyebabkan kerugian kepada konsumen. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui mekanisme dan dampak dari praktik jasa endorsement di media sosial Instagram terhadap konsumen serta untuk mengetahui perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terhadap jasa endorsement di media sosial Instagram. Penelitian ini berdasarkan atas kerangka pemikiran bahwa tentu, terdapat sisi positif dan negatif dalam berbisnis dengan memanfaatkan jasa endorsement. Dalam praktiknya jasa endorsement di media sosial Instagram perlu mempertimbangkan prinsip-prinsip yang diatur dalam Islam serta memperhatikan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam memasarkan suatu produk kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu memaparkan dan mendeskripsikan praktik jasa endorsement di media sosial instagram. Dalam teknik pengumpulan data ada beberapa metode mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini dengan cara observasi dengan melakukan pengamatan serta pencatatan secara sistematik terhadap gejala ataupun fenomena yang ada pada objek penelitian, wawancara kepada sumber untuk memperoleh keterangan, studi kepustakaan dan menganilisis data yang terkumpul. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Umumnya mekanisme di media sosial Instagram dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya pencarian selebgram sampai pelaksanaan endorsement. Praktik jasa endorsement di media sosial instagram memberi dampak yang signifikan bagi konsumen dan pelaku usaha. 2) Praktik jasa endorsement menurut Hukum Ekonomi Syariah sesuai dengan akad jualah. Pada dasarnya praktik jasa endorsement ini diperbolehkan apabila sesuai dengan kaidah-kaidah islamiyah dan sesuai dengan regulasi yang terkait seperti UUPK.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram; Endorsement; UUPK; Akad Jualah |
Subjects: | Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Law > Comparative Law Constitutional and Administrative Law > Basic Instrument of Government |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Dedi Setiawan |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:21 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51363 |
Actions (login required)
View Item |