Pengaruh penggunaan sistem E-commerce terhadap peningkatan p enjualan di Sentra Industri Jaket Kulit Sukarenggang Kabupaten Garut

Maarif, Jenal Fauji (2021) Pengaruh penggunaan sistem E-commerce terhadap peningkatan p enjualan di Sentra Industri Jaket Kulit Sukarenggang Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Semenjak kemajuan teknologi hadir, seluruh aktivitas dapat dilakukan secara virtual, sebagai contoh aktivitas jual beli komoditas barang dan jasa dapat tetap dilakukan oleh pembeli meski tidak bertemu secara langsung oleh pemilik atau penjualnya. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Pasal 1 butir 1 memaparkan terkait Informasi dan Transaksi Elektronik, transaksi elektronik merupakan suatu aktivitas hukum melalui perantara jaringan komputer, perangkat komputer dan media elektronik lainnya. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi peranan E-commerce terhadap perubahan tingkat volume penjualan di Industri Jaket Kulit Sukaregang, Kabupaten Garut. Adapun pengaruh signifikan ini dijelaskan melalui teori E-commerce. Jenis penelitian adalah dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Sumber data tergolong kedalam data primer karena diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada penjual dan produsen di Sentra Industri Jaket Kulit Sukaregang, Kabupaten Garut. Berdasarkan analisis diperoleh informasi bahwa secara parsial indikator E-commerce berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan volume penjualan. Hasil ini ditandai dengan nilai signfikansi sebesar 0.000<0.05 yang merefleksikan bahwa penggunaan E-commerce dapat berimplikasi pada perluasan jaringan market place yang ditandai dengan meningkatkanya jumlah pembeli di industry ini. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan pada volume penjualan di Pusat Industri Jaket Kulit Sukaregang, Kabupaten Garut mampu meningkat tajam. Peningkatan volume penjualan tertinggi terjadi di Warung Jaket Kulit dengan nilai peningkatan sebesar 21 persen. Sementara, penjualan terbanyak berada pada perusahaan Idris Padilah dengan penjualan di atas 100 buah per bulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem E-commerce; Penjualan; Sentra Industri Jaket Kulit
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Jenal Fauji Ma'arif
Date Deposited: 24 May 2022 04:09
Last Modified: 24 May 2022 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51417

Actions (login required)

View Item View Item