Pengaruh media interaktif Kahoot terhadap minat siswa dalam mengisi soal pada pembelajaran tematik : Penelitian korelasional pada siswa kelas V SD Ar-Rafi' Drajat Kabupaten Bandung

Rohmah, Salistiani (2021) Pengaruh media interaktif Kahoot terhadap minat siswa dalam mengisi soal pada pembelajaran tematik : Penelitian korelasional pada siswa kelas V SD Ar-Rafi' Drajat Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Media menjadi salah satu alat bantu tenaga pendidik dalam menumbuhkan minat siswa dalam mengisi soal. Dengan berbagai macam media pembelajaran yang disajikan namun masih banyak tenaga pendidik belum menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media interaktif kahoot terhadap minat peserta didik dalam mengisi soal pada pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Ar-Rafi’ Drajat Kabupaten Bandung. Hipotesis pada penelitian ini adanya korelasi atau hubungan yang signifikan antara media interaktif kahoot terhadap minat siswa mengisi soal di kelas V SD Ar-Rafi’ Drajat Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode koralasional dengan pendekatan kuantitatif terhadap 30 orang siswa di kelas V SD Ar-Rafi’ Drajat. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket/kusioner yang bersumber dari peserta didik serta diolah menggunakan SPSS for Windows 16.0, observasi serta dokumentasi sebagai penunjang dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas serta uji hipotesis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bawah: media interaktif kahoot yang digunakan sebagai media pembelajaran yang bervariasi dengan nilai rata-rata 53% berada pada kategori layak untuk digunakan. Dengan berkembangnya teknologi media interaktif kahoot media berbasis teknologi yang mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Karena desain yang disajikan untuk belajar sambil bermain game. Sehingga pembelajaran berpusat pada peserta didik. Sedangkan minat siswa mengisi soal di kelas V SD Ar-Rafi’ Drajat Kabupaten Bandung dengan rata-rata 47% berada pada kategori berminat. Maka hal tersebut menunjukkan adanya rasa ketertarikan siswa terhadap soal yang disajikan dalam media interaktif kahoot. Dengan hasil tersebut siswa menunjukkan keaktifan dalam pembelajaran serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengisi soal pada pembelajaran tematik yang disajikan. Hasil ini dapat ditunjukkan dari hasil hitungan uji korelasi product moment dengan nilai r hitung sebesar 0, 938. Dengan signifikansi 5% dengan jumlah reponden 30, maka diperoleh r tabel sebesar 0, 374. Maka didapatkan hasil nilai r hitung (0,938) > r tabel (0, 374). Artinya terdapat korelasi atau hubungan positif antara media interaktif kahoot terhadap minat siswa mengisi soal. Jika dilihat dari tabel korelasi maka hasil tersebut berada pada rentang 0, 60 - 0, 7999 pada kategori kuat. Sejalan dengan hasil tersebut pengaruh minat siswa mengisi soal menggunakan media interaktif kahoot pada siswa kelas V SD Ar-Rafi’ Drajat Kabupaten Bandung memiliki nilai rata-rata sebesar 55.23% maka dapat dikatakan bahwa minat siswa mengisi soal pada pembelajaran tematik dipengaruhi oleh media interaktif kahoot.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif Kahoot;Minat Siswa;Pembelajaran Tematik
Subjects: Education, Research
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salistiani Rohmah
Date Deposited: 25 May 2022 01:02
Last Modified: 25 May 2022 01:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51508

Actions (login required)

View Item View Item