Pengaruh metode STEAM dengan menggunakan bahan Loose Parts terhadap kreativitas anak usia dini : Penelitian kuantitatif di kelompok B RA Al-Mizan Babakan-Kersamanah

Adawiah, Robiah (2022) Pengaruh metode STEAM dengan menggunakan bahan Loose Parts terhadap kreativitas anak usia dini : Penelitian kuantitatif di kelompok B RA Al-Mizan Babakan-Kersamanah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum maksimalnya capaian perkembangan kreativitas anak usia dini. Hal ini disebabkan karena keterbatasan fasilitas sarana pembelajaran serta pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang masih terikat sehingga terbatasnya kebebasan anak dalam bereksplorasi dan berkarya. Metode STEAM dengan menggunakan bahan loose parts menjadi salah satu pilihan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Karena Metode STEAM dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dengan mengintegrasikan unsur sience, technology, engineering, art, and mathematic. Serta penggunaan bahan loose parts menjadi salah satu pilihan yang sesuai dengan metode STEAM ini, karena jenis bahannya yang beragam serta dapat dengan mudah ditemui di lingkungan anak sehingga dapat menantang anak dan memunculkan rasa penasarannya untuk meneliti. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan kreativitas anak, mengetahui proses penerapan metode STEAM dengan menggunakan bahan loose parts, serta pengaruh metode STEAM dengan menggunakan bahan loose parts terhadap kreativitas anak usia dini di kelompok B RA Al-Mizan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental design dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al-Mizan dengan subjek penelitian yang diambil dari populasi kelompok B yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian diperoleh dari observasi pembelajaran dan capaian perkembangan kreativitas anak pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis dengan uji Paired Sample t-test menggunakan SPSS 16 diperoleh t hitung -25.486 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < Level of Significant (0,05) yang berarti nilai probabilitas (Asymp. Sig) < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya metode STEAM menggunakan bahan loose parts berpengaruh terhadap kreativitas anak usia dini di kelompok B RA Al-Mizan Babakan-Kersamanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode STEAM; Bahan Loose Parts; Kreativitas Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Robiah Adawiah
Date Deposited: 27 May 2022 04:27
Last Modified: 27 May 2022 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51574

Actions (login required)

View Item View Item